Upacara serah terima pejabat polres dan pejabat utama polda papua di Mapolda Papua, senin (22/02/21) / ist

Jayapura, Topikpapua.com, –  Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw, melantik sembilan Kapolres dan beberapa pejabat utama Polda Papua, dari sembilan Kapolres yang di ganti tiga diantaranya berasal dari daerah konflik.

Acara serah terima 9 Kapolres dan pejabat utama polda ppaua di gelar di Aula Rastra Samara Polda Papua, Senin (22/2/2021).

Ketiga Kapolres dari daerah rawan konflik yang di ganti yakni, Kapolres Nguga, AKBP Moh. Darodjat Daimboa di mutasi menjadi Kapolres Supiori. Sementara untuk jabatan kapolres Nguda di jabat oleh Kompol I Komang Budiartha, S.IK., yang sebelumnya menjabat sebagai Danden Gegana Sat Brimob Polda Papua.

Berikut, kapolres Puncak, AKBP Dicky Hermansyah Saragih, S.sos., mendapat jabatan baru sebagai PS. Kabag RBP Rorena Polda Papua. Jabatan Kapolres Puncak diganti oleh Kompol I Nyoman Punia, S.sos yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolres Mimika.

Selanjutnya, AKBP I Wayan G Antara yang sebelumnya menjabat Kapolres Intan Jaya, di percayakan menjabat sebagai Gadik Madya SPN Polda Papua. Sebagai gantinya AKBP Sandi Sultan, S.IK yang sebelumnya sebagai Kasubdit V Ditintelkam Polda Papua menjabat Kapolres Intan Jaya.

Baca Juga : Mutasi Polri, Ini Jabatan Baru Kapolda dan Wakapolda Papua

Kapolda Papua Irjen Pol. Paulus Waterpauw mengatakan pergantian kapolres di lingkup polda papua adalah hal yang biasa dan bertujuan untuk lebih meningkatkan kinerja jajaran polres dalam melaksanakan tugas.

Irjen Paulus juga berharap Kapolres yang baru dilantik bisa menjadi sosok yang dapat diandalkan, meskipun dalam tugas penuh dengan tantangan.

“Catatan kami ada wilayah-wilayah yang sebagian besar merah, sehingga harapannya ya mereka harus bisa segera beradaptasi kemudian konsolidasi sesegera mungkin dan kemudian juga bagaimana datang untuk bersilaturahmi juga dengan para tokoh yang ada di wilayah masing-masing,” kata Kapolda kepada Pers usai acara serah terma jabatan, Senin (22/02/21).

Selain memutasi ketiga kapolres di daerah rawan konflik kapolda juga memberikan promosi jabatan kepada AKBP Cosmos Jeujanan yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Mappi mendapat jabatan baru sebagai Dirtahti Polda Papua.

Untuk Kapolres Mappi diganti oleh AKBP Demianus Dedy Susanto, SH., S.IK., MH., yang sebelumnya jabat Kasubditgakkum Ditlantas Polda Papua.

Selanjutnya, AKBP Penri Erison, S.pd., M.M., sebelumnya menjabat sebagai PS. Kabagpsi Bagpsi RO SDM Polda Papua menjadi Kasetum Polda Papua. AKBP Abdullah Wakhid Prio Utomo, S. IK yang sebelumnya Kapolres Kepulauan Yapen mendapat jabatan baru sebagai Kabagwassidik Ditreskrimum Polda Papua.

Sementara Posisi Kapolres Kepulauan Yapen di isi oleh AKBP Ferdyan Indra Fahmi S.IK yang sebelumnya sebagai Kapolres Pegunungan Bintang. Sedangkan  AKBP Cahyo Sukarinto, S.IK., yang dulunya sebagai Kasubdit III Ditreskrimum Polda Papua, menjabat sebagai Kapolres Pegunungan Bintang.

AKBP Hesman Sotarduga Napitupulu, SH., S.IK., MH., yang sebelumnya menjabat Kasubbid Paminal Bid Propam Polda Papua menjabat sebagai Kapolres Yalimo. Kapolres Deyai, AKBP Bambang Budianto mendapat jabatan baru sebagai Gadik Madya SPN Polda Papua. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here