BTM : Jangan Panik, Belum Ada Peningkatan Status Covid-19 di Kota Jayapura..!

0
Walikota Jayapura, Benhur Tommy Mano / ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Walikota Jayapura Benhur TommyMano hari ini, Senin 06 April 2020 resmi mengumumkan bahwa belum akan menaikkan status siaga darurat menjadi Darurat Bencana terkait Pandemi Covid-19 di Kota Jayapura.

Menurut Benhur hingga saat ini status kota Jayapura masih Siaga Darurat, sambil menunggu data yang saat ini sedang di kumpulkan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Jayapura.

“Pemerintah kota hingga saat ini belum menaikkan status dari siaga darurat menjadi darurat bencana, dengan beberapa asumsi, kami masih mendata secara derail terhadap semua orang yang masuk dalam kasus Covid di kota jayapura, terutama untuk yang positif,”Ungkap BTM sat mengelar PresCon dengan sejumlah Wartawan via Zoom Meeting, Senin, (06/04/20).

Lanjut BTM, langkah ini diambil Pemkot Jayapura dengan pertimbangan resiko adanya kepanikan warga pasca dinaikkannya status menjadi Darurat Bencana.

“ Kita jangan terburu-buru ambil keputusan yang nantinya bisa meresahkan warga, saat ini saya sudah perintahkan satuan gugus covid-19 jayapura untuk mendata dulu semua kemungkinan yang akan terjadi bila status kita naikkan menjadi darurat bencara, “Jelasnya.

BTM menjelaskan bila data di maksud adalah terkait kesiapan Pemkot dalam menangani masalah ekonomi warga, masalah kesiapan Rumah sakit Rujukan di Jayapura dalam menangani pasien covid-19, Sosial Budaya, hingga sektor keamanan di Kota Jayapura.

Sementara itu terkait adanya kepanikan warga karena informasi HOAX yang beredar di media sosial beberapa hari ini, BTM berharap agar warga Jayapura jangan panik dan tetap beraktifitas seperti biasa.

“ Jangan panik dan mudah terprovokasi dengan info HOAX, jangan memborong sembako secara berlebihan, dan bagi penjual saya harap jangan coba-coba menaikkan harga sembilan bahan pokok seenaknya, kalau ada yang coba-coba silahkan lapor ke saya, saya akan tindak tegas, “ Tukas BTM.

Hingga Minggu, 5 April 2020, pukul 18.00 wit, berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19 Kota Jayapura, di laporkan jumlah komulatif pasien Positif C-19 di Kota Jayapura sebanyak 12 kasus, dengan catatan tiga pasien sembuh dan satu Meninggal Dunia.

Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 21 orang, sementara jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 1.261 orang. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here