Komjen Paulus Warterpauw Saat menyerahkan Pataka Polda Papua kepada Irjen Mathius D Fakhiri / ist

Jayapura, Topikpapua.com, –  Komjen Paulus Waterpauw bersama ibu Roma secara resmi meninggalkan Mapolda Papua lewat Acara lepas sambut Kapolda Papua yang di gelar di halaman Mapolda Papua, Senin 08 Maret 2021.

Dalam acara Lepas Sambut tersebut, Kaka Besar sempat meneteskan air mata haru saat menyampaikan pesan dan kesan nya selama bertugas sebagai Kapolda Papua.

“Hanya ucapan terima kasih yang bisa saya sampaikan kepada semua pihak yang selama ini membantu saya menjalankan tugas sebagai Kapolda Papua, khususnya bagi para tokoh adat, tokoh agama dan semua instansi terkait, baik TNI, SKPD, Ormas dan jajaran polda Papua, “Ucap Komjen Paulus dengan nada rendah tak kuasa menahan tangis haru.

Komjen Paulus juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh masyaralat di Tanah Papua yang selama ini ikut membantu tugas kepolisian menjaga keamanan dan kedamaian di Papua.

“ kita sudah banyak kerja bersama, bekerja untuk ciptakan situasi yg aman di tanah ini, kepada semua masyarakat Papua saya sampaikan terima kasih. Barang tentu selama ini banyak hambatan dan tantangan yang kita hadapi, namun karena komunikasi yang baik, Puji Tuhan semuanya bisa kita atasi bersama, “ Tambah Komjen Paulus.

Kaka Besar juga memohon maaf kepada semua pihak, apabila selama bertugas sebagai Kapolda Papua pernah melakukan salah, baik itu perkataan maupun perbuatan.

“Semua yang sudah kita kerjakan bersama biarlah menjafi cerita yang baik di Polda Papua, bila ada kekurangan, mohon dimaafkan, “ujarnya.

Kaka Besar, Komjen Paulus Waterpauw bersama ibu Roma saat mengikuti upacara Pedang Pora di Mapolda Papua / ist

Kepada Kapolda yang baru, Irjen Mathius D Fakhiri, Kaka Besar berpesan agar terus menjalin sinergitas dengan semua pihak dalam menjalankan tugas sebagai kapolda Papua.

Kaka Besar juga menitipkan sejumlah persoalan yang akan di hadapi Polda Papua dimasa mendatang, “saya berharap masalah Rasisme bisa menjadi atensi bagi kapolda yang baru, karena alasan itulah saya saat itu di akhir tahun 2019 di minta kembali ke polda papua untuk menyelesaikan masalah teraebut, “Ungkap Komjen Paulus.

Selain itu, maslaah Pilkada 2020 yang saat ini masih di sengketakan di MK juga menjadi perhatian Komjen Paulus kepada Kapolda Papua.

“ Juga terkait putusan MK atas sengketa pilkada 2020, itu masih harus di kawal dan persiapan menghadapi PON 2021 di Papua. Polisi mempunyai peran yang besar untuk ikut menyukseskan perhelatan PON di Papua, “ Pesan Kaka Besar.

Komjen Paulus juga menyampaikan bila tugas baru yang diembankan kepadanya sebagai Kabaintelkam di Mabes Polri merupakan tugas yang berat, untuk itu dirinya memohon bantuan doa dari semua rakyat Papua.

“Keberadaan saya di Mabes Polri mewakili tanah Papua dan seluruh masyarakat di papua, itu tidak gampang, saya butuh dukungan doa dari semua masyarakat di Papua, “ Pinta Komjen Paulus.

Sementara itu, Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri mengaku sangat bangga bisa melanjutkan tongkat kepemimpinan di Polda Ppaua yang di tinggalkan Kaka Besar PW.

“ Saya ikut bangga atas prestasi yang di raih kaka besar, pertama beliau adalah promotor polisi pi ajar di papua, kedua beliau sebagai orang yang mendorong proses status Polda Papua dan ini merupakan sesuatu yang kami banggakan dan menjadi teladan bagi kami, “Ungkap Irjen Fakhiri.

Irjen Fakhiri juga menyampaikan bila prosesi lepas sambut kali ini di Polda Papua adalah sejarah baru di tanah Papua, Pasalnya baru kali ini Putra Papua asli menyerahkan tongkat Kapolda Papua kepada Putra Papua asli lainnya.

“ini sejarah baru.., dari putra asli papua menyerahkan tongkat kapolda kepada putra asli papua, ini yang pertama terjadi di Papua, Selamat Jalan Kaka Besar.., selamat bertugas di tempat baru.., Tuhan menyertai Kaka selalu.., “Pungkas Irjen Fakhiri. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here