Kuasai Markas KKB di Paniai, Aparat Gabungan Tembak Mati 1 Anggota KKB

oleh

Paniai,Topikpapua.com, – Aparat gabungan TNI Polri berhasil menguasai markas KKB pimpinan Undius Kogoya di Distrik Bibida, Kabupaten Paniai, Papua Tengah.

Selain berhasil menyita sejumlah barang bukti dari markas KKB di Bibida, Aparat gabungan juga berhasil menembak mati seorang anggota KKB bernama Danis Murib alias Baganiok Murib, Senin (17/6/2024).

Kasatgas Humas OPS Damai Cartenz-2024, Akbp Bayu Suseno mengaku paska-serangkaian aksi teror yang dilakukan oleh KKB Undius Kogoya di Paniai dalam 3 bulan terakhir, Pihaknya dibantu Kodam XVII/Cenderawasih dan Polda Papua menggelar operasi militer dan berhasil menguasai markas KKB Undius Kogoya di Distrik Bibida.

” Operasi ini kita gelar pada tanggal 14 Juni lalu dan kita berhasil menemukan markas KKB Undius Kogoya. sejumlah baramg bukti dari markas mereka kita amankan, berupa sejumalah telepon seluler, dokumen papua merdeka, amunisi dan sekumlah senjata rakitan,” ungkap Akbp Bayu, Senin (17/6/2024).

Lanjut Bayu, usai mengamankan markas KKB di Bibida, aparat gabungan melanjutkan operasi dengan melakukan penyisiran di sekitar markas tersebut termasuk jalur-jalur yang di duga kuat dipakai untuk melarikan diri.

“Hasilnya saat kita melakukan penyisiran kami menemukan jenazah anggota KKB yang kami duga kuat adalah Danis Murib alias Baganiok Murib,” jelas Bayu.

Memurut Bayu, Danis Murib anggota aktif dari KKB pimpinan Tenius Waker dan Undius Kogoya yang selama 3 bulan terakhir ini aktif melakukan gangguan Kamtibmas di Kabupaten Paniai, Papua Tengah.

“Saat ditemukan Danis menggunakan kaos hitam dengan atribut KKB. Denis ditemukan dengan luka tembak di bagian dada. Denis ini merupakan KKB dari Intan Jaya yang selama 3 bulan terakhir ini aktif melakukan gangguan-gangguan kamtibmas di Paniai.” jelas Bayu

Akbp Bayu juga mengungkapkan, selain Denis Murib pihaknya juga menemukan jenazah lain yang hingga kini belum berhasil diidentifikasi karena tidak ditemukan identitas pada pakaian yang dikenakan.

” Ada dua jenazah yamg kami temukan saat penyisiran, yang pertama kami duga kuat adalah Denis Murib yang adalah anghota KKB dan yang kedua belum kami identifikasi. Saat ini kedua jenazah sudah kami evakuasi ke RSUD Paniai,” jelas Akbp Bayu.

Bayu pun menegaskan bila pihaknya dan TNI akan terus melakukan penegakan hukum terukur terhadap KKB di wilayah Papua.

” Kami tentunya tak akan tinggal diam dan akan terus mengejar mereka (KKB) yang selama ini kerap melakukan aksi teror di daerah pegunungan Papua,” tutup Akbp Bayu Suseno. (Redaksi Topik) 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.