Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen Ignatius Yogo Triyono / ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Nduga kembali beraksi. Selasa siang dilaporkan terjadi kontak tembak antara KKB dengan personel TNI dari Yonif 751/VJS.

Kontak senjata terjadi di Distrik Mapanduma dan menyebabkan dua personel TNI mengalami luka tembak.

Baca Juga : Ini Cara KKB di Papua Bentuk Kelompok Baru, Kapolda : Saat ini Ada 6 Kelompok yang Aktif

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen Ignatius Yogo Triyono membenarkan kejadian tersebut. Menurut Pangdam kedua anggota TNI yang terluka saat ini telah dievakuasi ke Timika.

“Betul (ada kontak senjata di Nduga). Sekarang prajurit korban tembak KKB tersebut sudah dievakuasi ke RSUD Timika. Kondisi mereka berdua sadar dan stabil. Sudah ditangani oleh dokter RSUD dan dokter militer yang ada di Timika,” ujar Mayjen Ignatius Yogo Triyono, melalui pesan singkat, Selasa (13/07/21) malam.

Baca Juga : Pangdam XVII Cenderawasih Ajak Egianus Kogoya Kembali ke NKRI

Kedua anggota TNI yang terluka adalah, Lettu Inf Sukma Panunjang terkena luka tembak di bagian kepala (rekoset) dan Praka Abdul Hamid mengalami luka tembak di pinggul sebelah kiri.

Kedua korban dipastikan Ignatius tidak mengalami luka berat dan dalam keadaan sadar.

“Untuk korban yang terkena tembakan di kepala, hanya rekoset (pantulan) proyektil karena hanya terserempet proyektil di dahi sebelah kanan. Tidak membahayakan jiwanya,” kata Pangdam.

Baca Juga : KKSB Egianus Kogoya Kembali Beraksi, 1 Prajurit TNI Tertembak di Mapenduma

Menurut Ignatius, kontak senjata terjadi sekitar 60 menit, dan kuat dugaan adalah ulah KKB pimpinan Egianus Kogoya.

‘”Betul ini kelompok Egianus Kogoya yang beberapa hari lalu buat aksi tembak juga terhadad pos TNI di Kampung Yal,” kata dia.

Sebelumnya kontak senjata antara KKB dengan personel TNI juga terjadi di Kampung Yal, Distrik Keneyam, Kabupaten Nduga, pada 6 Juli 2021.

Baca Juga : Ini Daftar Kejahatan KKSB Pimpinan Egianus Kogoya di Nduga

Akibat kejadian tersebut, Praka Sigit mengalami luka tembak di pinggang tembus ke punggung, Pratu Masmur terluka pada bagian kepala karena terserempet peluru dan Prada Rudi mengalami luka rekoset di bagian bibir atas.

Sementara itu paska kontak tembak, Personil TNI masih memburu pelaku ke dalam hutan, hingga kini situasi di Distrik Mapenduma terkendali. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here