Satgas Nemangkawi saat mengevakuasi 11 karyawan PT Indo Papua di Kali Brazza Yahukimo / ist

Jayapura, Topikpapua.com, –  Anggota Satgas Nemangkawi berhasil mengevakuasi 11 karyawan PT. Indo Papua dari Lokasi kejadian Pembunuhan dan pembakaran dua karyawan PT Indo Papua pada hari minggu kemaren.

Saat proses penyisiran di lokasi kejadian, anggota Satgas Nemangkawi sempat tiga kali di hadang dengan gangguang tembakan dari KKB, akibatnya 4 anggota satgas Nemangkawi terluka.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal menjelaskan bila proses evakuasi 11 karyawan PT Indo Papua berlangsung dari pagi hingga petang.

Baca Juga : KKB di Yahukimo Bunuh dan Bakar Dua Warga Sipil

“ anggota Satgas Nemangkawi berherak senin pagi sekita pukul 8 pagi menuju pos PT Indo Papua guna mengecek dan membantu evakuasi barang-barang  milik karyawan untuk diamankan di tempat pengungsian, “Ungkap Kamal, Senin (23/08/21)

Selanjutnya jelas Kamal, saat tim tiba di TKP Jembatan Kali Braza, Rombongan ditembaki dari arah bukit seberang Kali Brazza.

“Karena ditembaki, personel Satgas Nemangkawi membalas tembakan. Saat sudah tidak ada balasan tembakan personel melanjutkan perjalanan, “Ujanya.

Baca Juga : KKB di Yahukimo Beraksi, Bakar 3 Rumah Hingga Kontak Tembak dengan Aparat

AKP I Putu Edi Wirawan, korban luka akibat kontak tembak dengan KKB di Yahukimo / Ist

Selanjutnya, sekitar Pukul 10.24 WIT, saat tim berada di Pertigaan Jalan Trans Papua Dekai Yahukimo-Tanah merah, personel Satgas Nemangkawi kembali ditembaki dari arah sebelah kanan Sehingga personel Satgas Nemangkawi membalas tembakan.

“Saat sudah tidak ada balasan tembakan dari KKB personel melanjutkan perjalanan, namun sekira 100 Meter kedepan, tim dihalangi oleh 1 buah pohon yang melintang di Jalan, Selanjutnya personel memotong kayu dengan sensor untuk membuka Jalan dan melanjutkan Perjalanan, “jelas Kamal.

Baca juga : Kontak Tembak di Yahukimo, Satu Personil Terluka

Pukul 11.48 WIT, personel Satgas Nemangkawi tiba di Kali Yegi dan langsung melakukan pengecekan di Camp Kali Yegi mencari Karyawan PT. Indo Papua, namun setelah dilakukan pengecekan dan penyisiran tim tidak menemukan Karyawan PT. Indo Papua.

“ Selanjutnya personel Satgas Nemangkawi bergerak kembali kearah Kota, namun sekitar 50 meter dari Kali Bele tim kembali mendapat gangguan tembakan dari KKB, tim lantas membalas tembakan. Kontak tembak berlangsung sekitar 30 menit, “Jelas Kombes Kamal.

Setelah KKB di ketahui tak lagi membalas tembakan, Tim kemudian melanjutkan perjalanan menuju kota, namun saat hampir tiba di Camp Induk PT. Indo Papua, personel Satgas Nemangkawi mendapati Para Karyawan PT. Indo Papua sedang bersembunyi di pinggir kali Brazza.

Baca Juga : KKB di Yahukimo Tembak Mati 5 Warga Sipil

“Tim kemudian mengevakuasi mereka. Menurut para karyawan PT Indo Papua, paska kejadian pembakaran dua rekannya, mereka memilih  bersembunyi di rumah warga. Jumlah mereka ada 11 orang, “Jelas Kombes Kamal.

Lanjut Kamal, setelah melakukan evakuasi pekerja PT. Indo Papua selanjutnya personel Satgas Nemangkawi bergerak menuju kearah Kota dan personel beserta para pekerja PT. Indo Papua tiba di Mapolres Yahukimo.

“Jadi dalam proses penyisiran tersebut terjadi tiga kali gangguan tembakan dari KKB yang mengakibatkan 4 anggota terluka, “Ungkap Kamal.

Keempat anggota yang terluka adalah, AKP I Putu Edi Wirawan (Terkena Lekosit di Leher), Iptu Arif Rahman (Terkena Tembak di helem), Bripka Irwan (terkena Lekosit di Kaki Kanan) dan Bharatu Nimrot (Terkena Lekosit di Tangan Kanan).

“Empat anggota yang terluka  dan 11 karyawan PT.Indo Papua kini sudah kita bawa ke RSUD Dekai untuk mendapat perawatan medis, sementara Tim lainnya masih terus melakukan pengejaran terhadap KKB, “Pungkas Kombes Kamal. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here