Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal menunjukkan foto salah satu anggota KKB terduga pelaku penembakan Mobil PJJ Brimob dan Bus Iveco milik PT. Freeport pada tanggal 08 Maret 2020 / ist

Timika, Topikpapua.com, – Aparat gabungan mengklaim berhasil menangkap empat orang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kali kopi Mimika. Diduga kuat keempat anggota KKB tersebut merupakan anak buah dari Joni Botak, Pimpinan KKB wilayah Mimika.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes PolAM Kamal mengatakan, penangkapan di lakukan pada hari Sabtu, 13 Maret 2021 disekitar Jembatan Nugure Jalan Trans Papua (Timika – Nabire).

Baca Juga : KKB Sandera Pesawat Susi Air di Kabupaten Puncak Papua

“Laporan intel kami, bahwa salah satu pelaku penembakan Mobil PJJ Brimob dan Bus Iveco milik PT. Freeport tanggal 08 Maret 2020 telah berada di Kota Timika, Tim lalu mengembangkan laporan tersebut dan mencurigai salah satu mobil jenis Avanza yang diduga kuat di tumpangi oleh pelaku, “Ungkap Kamal kepada Pers, Rabu (17/03/21).

Lanjut Kamal, saat di buntuti mobil Avanza Putih dengan Nomor Polisi PA 1629 MM tersebut melaju kencang mengarah ke PT. PAL, selanjutnya Tim melakukan pencegatan kendaraan tersebut, dan didapati dalam kendaraan terdapat 4 (Empat) Orang.

“Dari hasil pemeriksaan awal diketahui bahwa salah satu yang diamankan dicurigai adalah pelaku penembakan Mobil PJJ Brimob dan Bus Iveco PT. Freeport sehinga Tim membawa keempat orang tersebut ke Polres Mimiika guna pemeriksaan lebih lanjut, “Jelasnya.

Baca Juga : Ditantang Perang KKB, Ini Jawaban Wakapolda Papua

Adapun Identitas keempat orang yang diamankan adalah, Eno Kulla, Laki-laki (18 Tahun), Ter Jangkup, Laki-laki (23 Tahun), Tinus Jangkup, Laki-laki (17 Tahun) dan Jerinus Jangkup, Laki-laki (23 Tahun).

Bersama keempat orang tersebut Kombes Kamal mengaku mengamankan juga sebuah telepon genggam merk Samsung Galaxy A10S warna hitam milik Terjangkup yang isinya didapati foto – foto saat melakukan aksi penembakan.

“Saat ini keempat anggota KKB tersebut sudah kita amankan di Mapolres Mimika untuk dimintai keterangan, “Kata Kamal.

Baca Juga : Aparat Sebut KKB Bakar Pesawat MAF di Intan Jaya

Kombes Kamal juga mengaku bila dari hasil pemeriksaan sementara di ketahui, salah satu orang yang diamankan tersebut yakni Terjangkup merupakan salah satu pelaku Penembakan Mobil PJJ Brimob dan Bus Iveco milik PT. Freeport di Utikini Lama Distrik Tembagapura yang terjadi tanggal 08 Maret 2020.

Sementara tiga orang lainnya hingga saat ini masih dalam proses pemeriksaan.

“Kami, Aparat TNI – Polri yang ada di Timika tidak akan berhenti sampai di sini, kita sudah ketahui bahwa banyak rencana-rencana KKB yang sementara di pimpin oleh Joni Botak yang meminta bantuan bama (bahan makanan) kita berusaha tidak ada Bama yang masuk untuk membantu kelompok tersebut, “Beber Kamal.

Kombes Kamal juga berharap adanya informasi – informasi dari masyarakat yang mendukung TNI – Polri dalam menjaga situasi keamanan wilayah hukum Polres Mimika dan Provinsi Papua pada umumnya tertutama terkait dengan adanya gangguan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). (Redaksi Topik)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here