Dok Pesawat Susi Air PK - BVY di Lapter wilayah Pegunungan Papua / ist

Jayapura, Topikpapua.com, –  Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali beraksi. Kali ini KKB menyandera sebuat pesawat Susi Air PK-BVY di Lapangan terbang Wangbe, di Distrik Wangbe, Kabupaten Puncak.

Berdasarkan keterangan pers yang dikeluarkan pihak aparat, dilaporkan penyanderaan terjadi sekitar pukul 06.30 Wit, atau sesaat setelah landing di lapter Wangbe.

Baca Juga : 9 Jam di Sandera KKB Puncak, 2 Warga Sipil Ini Berhasil Bebas, Ini Kisah nya

“Laporan yang kami terima, pesawat yang dipiloti warga asing atas nama Ian John Terrence Hellyer take off dari Terminal UPBU Bandara Moses Kilangin Timika menuju Lapter Wangbe, Kabupaten Puncak dengan membawa 3 orang penumpang, “Ungkap Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal, Sabtu (13/03/21).

Lanjutnya, sesaat setelah landing di lapter Wangbe, tiba-tiba pesawat di datangi oleh sekitar 30 orang Kelompok KKB.

“Keterangan pilot nya, dari 30 orang KKB yang menyandera pesawat itu terlihat membawa 2 pucuk senjata laras panjang, bahkan mereka sempat menodongkan senjata tersebut kepada pilot, “Jelas Kamal.

Baca Juga : Dua BTS Palapa Timur Kabupaten Puncak Dibakar KKB

Kamal mengungkapkan bila KKB tersebut sempat menahan pesawat di lapter Wangbe selama dua jam lamanya, sebelum akhirnya di pernolehkan kembali terbang.

“Mereka (KKB) barulah mengijinkan pesawat kembali terbang setelah salah satu penumpang bernegoisisai dengan mereka, “Ujar Kamal.

Seteah diijinkan terbang, pilot Ian John Terrence Hellyer yang adalah warga negara selandia baru akhirnya terbang kembali ke Timika dan mendarat dengan selamat di bandara moses Kilangin sekitar pukul 09.16 Wit.

Baca Juga : ‘Petrus’ Kembali Beraksi.., Pelajar SMA di Puncak Papua Tewas Tertembak

Sementara itu menurut Kepala Penerangan (Kapen) Kogabwilhan III, Kolonel Czi IGN Suriastawa, ada dugaan kuat aksi KKB ini sebagai salah satu cara untuk meneror maskapai penerbangan di wilayah papua agar tidak mengangkut personil TNI/Polri ke wilayah pegunungan Papua.

“Meskipun tidak terjadi korban, namun kejadian ini menunjukkan aksi teror KSB di wilayah Papua, termasuk teror terhadap aktivitas penerbangan sipil. Dan kami selalu berkoordinasi erat dengan pihak Kepolisian” Ungkap Kolonel Suriastawa.

Lapangan terbang Wangbe sendiri terletak di Distrik Wangbe, Kabupaten Puncak dan berjarak kurang lebih 43 km dari distrik Sinak atau 48 km dari distrik Sugapa kabupaten Intan Jaya, dan belum terdapat jaringan telepon dan internet. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here