Wakapolda Papua, Brigjen Pol Mathius D Fakhiri / Nug

Jayapura, Topikpapua.com, – Wakil Kepala Kepolisian Daerah Papua, Brigjen Pol Mathius D Fakhiri menegaskan bila TNI-Polri yang ada di Papua tidak takut dan siap menghadapi tantangan perang Kelompok Sipil Bersenjata (KKB).

“Saya pastikan kalau ajak perang TNI-Polri ngak takut…, kita akan hadapi.., cuma kan kita tidak mau ada dampak lain yang akan timbul bila kita mengambil langkah tegas dan terukur yang nantinya bisa di politisasi di plintir oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang ingin suasana di papua ini selalu kisruh, “Ungkap Brigjen Fakhiri kepada Pers, Senin (01/02/21) malam.

Baca JugaKapolda Papua Terima Tantangan Perang Terbuka KKB, Asalkan…

Hal tersebut disampaikan Wakapolda terkait adanya selebaran ajakan perang oleh pihak KKB di wilayah Intan Jaya.

“Ada selebaran yang beberapa hari terakhir ini di kirim ya…, yang isinya mereka ngajak perang.., dan ini sudah sering kali mereka lakukan bukan saja di Intan jaya ya.., tapi juga di jayapura, di puncak jaya…, ini biasanya terjadi saat eskalasi sedang tinggi, “Ujar Wakapolda.

Diakui Brigjen Fakhiri, saat ini eskalasi politik di Papua sedang tinggi dan pihaknya dibantu TNI akan tetap tenang menyikapi semua masalah yang ada sambil terus berkoordinasi dengan semua pihak agar tindakan hukum yang akan diambil nantinya tidak berdampak bagi masyarakat umum.

Baca JugaDiduga Mata-mata Aparat, Boni Bagau Ditembak KKB di Intan Jaya

“Kejadian di Intan Jaya ini selalu berulang ya.., dan ini harus kita sikapi dengan tenang agar kita bisa mengambil langkah-langkah penegakan hukum yang pas dan solf, Kita tidak mau mengulangi kesalahan-kesalahan yang sudah terjadi beberapa waktu lalu, “Jelas Wakapolda.

Salah satu langkah yang menurut Brigjen Fakhiri telah ditempuh pihaknya yaitu dengan mengumpulkan semua informasi, baik dari masyarakat sipil, para tokoh maupun dari pihak TNI-Polri.

Baca JugaAparat Sebut KKB Bakar Pesawat MAF di Intan Jaya

“Sehingga kita tentunya akan mengaudit semua informasi yang datang baik itu dari masyarakat termasuk juga teman-teman kita yang ada disana baik dari TNI maupun Polri, sehingga saat melakukan penegakan hukum terukur, hasilnya benar-banar demi penegakan hukum dan tidak merugikan pihak manapun, “Beber Putra Asli Papua tersebut.

Sementara itu disinggung soal upaya aparat untuk menegakkan hukum di kabupaten Intan Jaya, Wakapolda mengaku akan mempertebal pengamanan, termasuk menambah kekuatan personil di Polres Intan Jaya.

Baca JugaBupati Intan Jaya Sebut KKB Rampas Dana Desa untuk Beli Senjata

“Kedepan kita akan memperkuat polres Intan Jaya, salah satunya kita akan menggeser 45 personil untuk memback up pasukan yang sudah ada disana, Selain itu kita juga akan pertebal lagi dengan memperkuat perbantuan-perbantuan kepolisian untuk daerah intan jaya yang memang sudah harus di lakukan guna menegakkan hukum di sana, “Ujarnya.

“Kita tidak akan mundur selangkahpun.., tetapi tentunya Polri akan cermat untuk mengambil langah-langkah penegakan hukum di Intan Jaya, “Pungkas Brigjen Mathius D Fakhiri. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here