Illustrasi pesawat terbakar di bandara/ ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali beraksi. Kali ini KKB membakar satu unit pesawat komersil milik PT. MAF di kampung Pagamba, Distrik Mbiandoga,  Papua, Rabu (6/01/21).

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Achmad Mustofa kamal mengatakan, sebelumnya sekitar pukul pukul 09.00 WIT, Pesawat MAF PK-MAX yang di piloti Warga Negara Amerika Alex Luferchek berangkat dari Bandara Nabire dengan membawa 2 penumpang masyarakat tujuan Pagamba di Distrik Mbiandoga Kabupaten Intan Jaya.

Baca JugaPesawat Dabi Air Ditembak KKB Saat Landing di Lapter Bilorai, Intan Jaya

Setelah terbang 30 menit, Pilot Alex Luferchek melaporkan Via Radio ke kantor MAF bahwa pesawat telah mendarat tiba di Bandara Pagamba dengan baik.

“Selanjutnya pilot di suruh turun dari Pesawat kemudian datang seseorang membawa senjata dan mengeluarkan tembakan ke udara sambil menyuruh pilot untuk merunduk, “ Kata Kombes Kamal, Kamis (07/01/21).

Melihat kejadian tersebut pilot lalu diamankan oleh para pendeta dan masyarakat ke Kampung Tekai, perbatasan antara Kampung Bugalaga dan Kampung Pagamba, Distrik Mbiandoga Kabupaten Intan Jaya, “ Saat itulah kelompok KKB membakar pesawat, “Ujar Kamal.

Baca JugaIni Daftar Kekerasan KKB di Intan Jaya Sejak Januari – September 2020

Pembakaran pesawat MAF tersebut kemudian terdeteksi oleh Basarnas pusat dan menyampaikan kepada yayasan MAF di Nabire untuk mengecek pesawat PK – MAX yang di piloti oleh Capten pilot an. Alex Luferchek.

“Mendapat informasi tersebut, kamis pagi sekitar pukul pukul 06.00 dari Bandar Udara Wamena diberangkatkan heli VIDA yang di piloti oleh Capten Natan Fagerlie untuk mengevakuasi pilot pesawat MAF PK -MAX yang di bakar menuju Nabire, “Jelas Kombes Kamal.

Kombes Kamal mengaku, Atas kejadian ini,  Polres Nabire telah melakukan koordinasi dengan Polres Intan Jaya untuk menuju ke lokasi kejadian, karena kejadian tersebut terjadi di wilayah Polres Intan Jaya.

Baca JugaPesawat TNI Tertembak Saat Terbang di Pegunungan Bintang

“Namun terkendala lokasi yang jauh yang hanya dapat di jangkau melalui jalur udara, sehingga aparat masih menunggu pesawat untuk mendatangi TKP guna dilakukan oleh TKP, “Jelas Kamal.

Kamal mengaku, Setelah dimintai keterangan oleh pihak Kepolisian Pilot Alex Luferchek langsung di berangkatankan oleh Pihak MAF ke Jayapura untuk dilakukan pemeriksaan psikologi lebih lanjut.

Sementara itu Kapen Kogabwilhan III, Kolonel Czi IGN Suriastawa menilai kejadian tersebut sebagai tindak lanjut atas pernyataan yang pernah di keluarkan KKB,yakni mengancam setiap penerbangan sipil yang ada di papua wilayah Papua maupun Papua Barat.

“Aksinya dimulai dengan dilakukan penembakan terhadap beberapa pesawat sipil termasuk beberapa hari yang lalu dilakukan penembakan terhadap pesawat helikopter PT Freeport Indonesia dan saat ini  dilakukan pembakaran pesawat MAF,  dihimbau agar masyarakat jangan mudah terprovokasi oleh kebringasan KKB, tetap tenang dan bantu pemerintah untuk membangun Papua dan Papua Barat agar bisa maju dan sejahtera,”Beber Kolonel Suriastawa. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here