Ribuan Massa Antar Jenazah Lukas Enembe Menuju Pemakaman

oleh

Jayapura, Topikpapua.com, – Ribuan massa ikut mengantarkan almarhum Lukas Enembe memuju tempat pemakaman terakhirnya di Kediaman pribadi, di daerah koya tengah, Kota Jayapura, Kamis (28/12/2023).

Dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat ribuan massa ini mengikuti konvoi jenazah Lukas Enembe dari sekolah teologia atas injili (Stakin) sentani memuju koya tengah.

Dari pantauan Redaksi Topik, sepanjang jalan yang dilalui oleh rombongan konvoi pengantar jenazah Lukas Enembe nampak sepi. Sejumlah pertokoan memilih tutup, begituhalnya dengan aktifitas warga.

Perjalanan dari Stakin Sentani menuju tempat pemakaman di koya tengah melewati rute, sentani – abepura – kotaraja – jalan otonom – jalan ringroad – jembatan merah – pantai holtekam – koya tengah, atau sekitar 30 Km.

Rombongan konvoi keluar dari Stakin sekitar pukul 14.30 Wit, dan saat ini rombongan konvoi masih berada di daerah kotaraja.

Sebelumnya di beritakan penjemput jenazah mantan gubernur Papua, Lukas Enembe ricuh saat mengusung peti jenazah dari bandara sentani menuju Sekolah Teologia Atas Injili (STAKIN) Sentani, Kabupaten Jayapura.

Setiba di bandara sentani, Awalnya jenazah Mantan Gubernur Papua itu dibawa ke STAKIN dengan menggunakan mobil jenazah, Namun, ribuan massa yang telah menanti kedatangan jenazah Lukas Enembe di depan VIP Bandara sentani sejak pagi hari memaksa untuk mengarak peti jenazah Lukas Enembe menuju Stakin.

Sepanjang jalan dari bandara sentani menuju Stakin sempat terjadi beberapa insiden pengerusakan yang dilakukan oleh sekelompok massa. Massa terlihat melempar batu ke arah gedung-gedung di sepanjang jalan, mulai dari Hotel Grand Tahara hingga Borobudur Sentani.

Sejumlah bangunan rumah, kantor, dan kendaraan hingga pertokoan terkena dampak dari aksi lempar batu tersebut. Hal ini membuat polisi mengambil tindakan dengan melepaskan tembakan ke udara.

Informasi yang diterima, Pj Gubernur Papua, Bapak Ridwan Rumasukun dan Kapolda Papua juga menjadi korban amukan massa. Selain itu kapolres jayapura dan seorang anggota polisi juga dilaporkan terkena lemparan batu. (Redaksi Topik)

No More Posts Available.

No more pages to load.