Ratusan aparat gabungan disiagakan di depan kantor KPUD Boven Digoel / ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Wakapolda Papua Irjen Pol Matius Fakhiri, S.IK mengaku telah mengerahkan dua peleton anggota dari kompi Merauke menuju Boven digoel pada selasa pagi. Hal ini di lakukan untuk memberikan rasa aman kepada warga paska kericuhan yang terjadi sejak minggu malam hingga senin malam.

“Usai kejadian tersebut, kami telah mendorong 2 peleton dari kompi Merauke untuk merapat ke Boven Digoel. Tanggal 6 juga kami akan menggeser sebanyak 100 personel dari Brimob Nusantara untuk memperkuat pengamanan di daerah Merauke, “Kata Wakapolda kepada Pers, selasa (01/12/20).

Baca JugaBoven Digoel Membara, Rumah Calon Bupati Dibakar, 1 Polisi Kena Panah

Wakapolda juga mengatakan untuk pengamanan di hari pencoblosan nanti, pihaknya siap untuk menurunkan lebih banyak lagi pasukan bila diperlukan.

“Untuk pergeseran personel ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) sendiri kita masih menunggu koordinasi dari KPU, dimana kita berharap H-2 personel telah berada pada TPS guna melakukan pengamanan pergeseran logistik maupun pencoblosan, “Ujarnya.

Sementara itu, terkait permasalahan kisruh Pilkada boven digoel ini, Wakapolda mengatakan aparat gabungan TNI-Polri terus bekerja  dengan melaksanakan diksusi-diskusi panjang dengan pihak KPU Papua.

Baca JugaSituasi Boven Digoel Memanas, Ini Pesan Kapolda Papua Kepada Warga

“Saya juga akan bertemu dengan Komisioner  KPU Provinsi untuk membahas bagaimana langkah-langkah kedepan untuk pengamanan Pemilukada, “Jelas Wakapolda.

Irjen Fakhiri juga mengaku pihaknya telah berkomunikasi dengan pasangan calon Yusak – Yacobus terkait aksi kekerasan yang dilakukan massa pendukungnya terhadap salah satu anggota brimob.

“Kami sudah meminta kepada pasangan Calon untuk bisa mengendalikan massanya. Pasangan Calon sendiri telah menemui massanya dan meminta maaf kepada aparat atas insiden diluar kontrol dan meminta agar dapat kembali ke kampung halaman masing-masing, “Ungkap Fakhiri.

Baca JugaKPU RI Gugurkan Paslon Yusak-Yakobus, Situasi Boven Digoel Memanas

Kondisi Tanah Merah Mulai Kondusif

Sementara itu, paska aksi pembakaran sejak minggu malam hingga senin malam kemaren, situasi di kota tanah merah dilaporkan mulai berangsur kondusif.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Mustofha Kamal yang berada di tanah merah mengatakan setelah pihaknya berhasil menenangkan massa, aparat lalu bertemu dengan paslon Yusak – Yacobus.

Aparat gabungan saat membersihkan jalan raya dari sisa-sisa pembakaran ban dan kayu / ist

“Usai berhasil dikendalikan, kami melakukan koordinasi dengan paslon no urut 4 dan mereka berkomitmen tidak akan melakukan moblisasi massa maupun aktifitas lainnya  dan akan melakukan gugatan sesuai mekanisme hukum yakni melalui Panwas, “Jelas Kamal lewat telepon selulernya, Selasa petang.

Kombes Kamal juga menjelaskan bila sejak selasa pagi, pihaknya telah membersihkan sisa-sisa ban dan kayu yang di bakar massa di sepanjang jalan utama di kota tanah merah.

“Tadi pagi beberapa personel juga telah melakukan pembersihan dibeberapa titik yang dilakukan pemalangan menggunakan ban bekas yang dibakar. Saat ini anggota masih terus melakukan penjagaan di Kantor KPU Boven Digoel guna mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan, “Ungkap Kamal. (Redaksi Topik)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here