Gambar maskot 6 cabor di klaster Kota Jayapura pada Peparnas XVI 2021 Papua / PB Peparnas Papua

Jayapura, Topikpapua.com, – Pada episode sebelumnya Tim Redaksi Topik telah membahas Apa itu Peparnas, kategori atlit dengan kebutuhan khusus (Disabilitas) yang mengikuti Peparnas, Maskot, logo, tema dan Tagline Peparnas XVI Papua, Apa saja yang sudah disiapkan PB Peparnas Papua dan , cabor apa saja yang di pertandingkan.

Pada episode kedua ini Tim Redaksi Topik kembali akan mengulas lebih rinci informasi terkait 6 dari 12 Cabor yang yang masuk dalam klaster kota jayapura, termasuk venue yang di gunakan dari 6 Cabor tersebut.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat PEPARNAS XVI Papua 2021, Part I 

Cabor Boccia

Maskot Peparnas XVI 2021 Papua untuk Cabor Boccia / ist

Boccia adalah olahraga menggunakan bola yang mengandalkan ketepatan yang diperuntukkan khusus bagi penyandang Tuna Daksa  jenis cerebral palsy, cerebral palsy merupakan jenis disabilitas yang mengalami gangguan gerakan atau postur yang disebabkan oleh kerusakan yang terjadi pada otak.

Cabor Boccia pertama diperkenalkan di Paralimpiade 1984. Kini, Boccia sudah banyak dipertandingkan di multi event para games.

Boccia merupakan olahraga ketepatan. Cara bermainnya dengan melempar bola. Bolanya berdiameter 100 milimeter, dengan berat 275 gram.

Ukuran lapangan boccia 12,5 meter x 6 meter. Area wheel chair untuk melempar bola 2,5 meter x 1 meter. Ada enam kotak, semua terisi penuh saat menggelar pertandingan beregu.

Anggota tim beregu berisi tiga orang dari Bc 1 (satu orang) dan Bc 2 (dua orang), di antaranya ada satu kapten. Masing-masing pemain melempar dua bola.

Sementara untuk permainan berpasangan, tiap orang melempar tiga bola, dan untuk tunggal melempar enam bola. Durasi pertandingannya berbeda-beda. Empat menit untuk tunggal, lima menit untuk pasangan, dan enam menit untuk tim beregu.

Bagaimana cara bermainnya? Ada tiga warna dalam boccia: putih, merah, dan biru. Putih merupakan bola jack, bola pertama yang dilempar oleh salah satu tim. Bola ini yang akan menjadi sasaran lempar enam bola merah dan enam biru yang dipegang para tim.

Bola yang terdekat dengan jack yang dihitung poin. Ada dua wasit yang memimpin pertandingan. Satu wasit utama, yang dibantu satu line person. Mereka yang mengukur jarak bola terdekat dengan jack menggunakan alat ukur yang berbentuk mirip jangka.

Pelemparan bola dilakukan bergantian. Tapi kalau tim lawan belum bisa melampaui lemparan yang paling dekat dengan jack, maka timnya akan melempar terus bahkan sampai bola habis.

Kalau gagal melakukan lemparan yang lebih baik dibanding lawan, berarti memberi peluang tim pesaing mendapat poin lebih banyak

Ada pelanggaran juga dalam Boccia. Saat pemain menginjak garis area wheel chair. Hukumannya, tim lawan mendapat tambahan waktu satu menit.

Pada Peparnas XVI Papua, Cabor Boccia akan mengunakan Venue Auditoruim UNCEN yang masuk dalam klaster Kota Jayapura.

Pada Peparnas XVI Papua, Cabor Boccia akan mempertandingkan 10 nomor pertandingan, yakni 5 nomor mix dan 5 nomor Regu.

Sebanyak 70 atlet akan bertanding pada cabor ini sedangkan jumlah pelatih yang akan mendampingi para atlet sebanyak 30 orang. Ada 289 Panpen yang akan terlibat pada Cabor Boccia, sehingga total orang yang akan terlibat dalam cabor ini sebanyak 389 orang.

Cabor Bulu tangkis

Maskot Cabor Bulutangkit pada Peparnas XVI 2021 Papua / ist

Cabang olahraga bulutangkis Peparnas hampir sama dengan bulutangkis pada umumnya, baik dari segi lapangan dan lain-lain. Yang membedakan adalah ada atlit yang bertanding dengan menggunakan kursi roda dan sebagian nomor yang dipertandingkan hanya menggunakan separuh dari lapangan bulutangkis.

Untuk Cabor Bulutangkis Paparnas XVI Papua ada dua kategori atlet disabilitas yang akan bertanding, yakni para atlet Tuna Daksa dan Tuna Rungu Wicara.

Pada Peparnas XVI Papua, Cabor Bulutangkis akan mengunakan Venue GOR Cenderawasih yang masuk dalam klaster Kota Jayapura.

Cabor Bulutangkis pada Peparnas XVI Papua akan mempertandingkan 40 nomor pertandingan, terdiri dari 13 tunggal putra, 13 tunggal putri, 5 ganda putra, 4 ganda putra, 4 ganda campuran dan 1 nomor beregu.

Sebanyak 180 atlet akan bertanding pada cabor ini sedangkan jumlah pelatih yang akan mendampingi para atlet sebanyak 80 orang. Ada 248 Panpen yang akan terlibat pada Cabor bulutangkis, sehingga total orang yang akan terlibat dalam cabor ini sebanyak 488 orang.

Cabor Catur

Maskot Cabor Catur pada Peparnas XVI 2021 Papua / ist

Cabang olahraga catur pada Peparnas XVI 2021 Papua hampir sama dengan catur pada umumnya, yang membedakan adalah atlit peserta catur pada Peparnas adalah Disabilitas Tuna Netra (baik itu total maupun low vision) dan tuna daksa.

Untuk atlit tuna daksa hampir sama dengan catur pada umumnya, tapi untuk atlit tuna netra mempunyai perbedaan dari aturan catur pada umumnya terutama dari segi papan catur.

Pada Peparnas XVI Papua, Cabor Catur akan mengunakan Venue Sahid Hotel Papua, yang masuk dalam klaster Kota Jayapura.

Cabor Catur pada Peparnas XVI Papua akan mempertandingkan 38 nomor pertandingan, terdiri dari 11 tunggal putra, 11 tunggal putri  dan 8 beregu pura serta 8 beregu putri.

Sebanyak 135 atlet akan bertanding pada cabor ini sedangkan jumlah pelatih yang akan mendampingi para atlet sebanyak 35 orang.

Ada 171 Panpen yang akan terlibat pada Cabor Catur, sehingga total orang yang akan terlibat dalam cabor ini sebanyak 306 orang.

Cabor Judo Tuna Netra

Maskot Cabor Judo Tuna Netra pada Peparnas XVI 2021 Papua / ist

Cabang olahraga judo tuna netra Peparnas XVI 2020 Papua hampir sama dengan cabang olahraga judo pada umumnya, yang membedakan adalah atlit peserta judo pada Peparnas adalah Disabilitas Tuna Netra (baik itu total maupun low vision). Aturan arena judo tuna netra Peparnas sama dengan arena judo pada umumnya.

Pada Peparnas XVI Papua, Cabor Catur akan mengunakan Venue GOR Waringin, yang masuk dalam klaster Kota Jayapura.

Cabor Judo Tuna Netra pada Peparnas XVI Papua akan mempertandingkan 20 nomor pertandingan, terdiri dari 9 tunggal putra, 9 tunggal putri  serta 1 beregu putra dan 1 beregu putri.

Jumlah atlet yang akan bertanding pada cabor ini sebanyak 90 orang sedangkan jumlah pelatih yang akan mendampingi para atlet sebanyak 30 orang.

Ada 155 Panpen yang akan terlibat pada Cabor Judo Tuna netra, sehingga total orang yang akan terlibat dalam cabor ini sebanyak 275 orang.

Cabor Sepak Bola CP

Maskot Cabor Sepakbola CP pada Peparnas XVI 2021 Papua / ist

Sepakbola CP ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan olahraga sepakbola pada umumnya. Hanya saja ada beberapa penyesuaian yang harus dilakukan, mengingat bahwa para pemain yang bermain dalam olahraga sepakbola CP ini adalah atlet Tuna Daks yang mengidap Celebral Palsy, yang membuat koordinasi antara otot dan otak mereka sedikit berbeda dari orang biasa pada umumnya.

Pada Peparnas XVI Papua, Cabor Sepakbola CP akan mengunakan Venue Stadion Mandala Kota Jayapura.

Cabor Sepakbola CP pada Peparnas XVI Papua hanya akan mempertandingkan satu nomor pertandingan, yakni untuk atlet putra.

Jumlah atlet yang akan bertanding pada cabor ini sebanyak 100 orang sedangkan jumlah pelatih yang akan mendampingi para atlet sebanyak 40 orang.

Ada 133 Panpen yang disiapkan PB Peparnas Papua untuk membantu lancar jaya nya pertandingan ini, total orang yang akan terlibat dalam cabor ini sebanyak 273 orang.

Cabor Tenis Lapangan Kursi Roda

Maskot Cabor Tenis Lapangan Kursi Roda pada Peparnas XVI 2021 Papua / ist

Cabang olahraga tennis lapangan kursi roda Peparnas hampir sama dengan tennis lapangan pada umumnya dari segi ukuran lapangan, yang berbeda adalah para atlit yang berpartisipasi keseluruhannya menggunakan kursi roda dan aturan bermainnya agak berbeda sedikit dari tennis pada umumnya.

Pada Peparnas XVI Papua, Cabor Tenis Lapangan Kursi Roda akan mengunakan Venue Lapangan Tenis Sian Soor Walikota Jayapura.

Cabor Tenis Lapngan Kursi Roda pada Peparnas XVI Papua akan mempertandingkan 12 nomor pertandingan, yakni 3 tunggal putra, 2 tunggal putri, 2 ganda putra, 2 ganda putri, 1 ganda campuran dan 2 nomor ganda beregu.

Jumlah atlet yang akan bertanding pada cabor ini sebanyak 100 orang sedangkan jumlah pelatih yang akan mendampingi para atlet sebanyak 35 orang.

Ada 142 Panpen yang disiapkan PB Peparnas Papua untuk membantu lancar jaya nya pertandingan ini, total orang yang akan terlibat dalam cabor ini sebanyak 277 orang.

Berikut tabel sebaran kouta atlet dan offisial Peparnas XVI Papua 2021 di Klaster Kota Jayapura :

Sobat Topik.., demikian informasi terkait 6 cabor yang akan di pertandingkan di klaster Kota Jayapura pada Peparnas XVI Papua 2021, di episode berikutnya tim redaksi topik akan kembali memberikan informasi 6 cabor yang dipertandingkan di klaster Kabupaten jayapura.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua, Mari Sukseskan Peparnas XVI 2021 di Papua, “Sehati Mencapai Tujuan Ciptakan Prestasi” (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here