Lagi.., Prajurit TNI Gugur Tertembak KKSB di Intan Jaya

1
Illustrasi kontak tembak prajurit TNI dengan KKB di Papua / ist

Jayapura, Topikpapua.com, –  Teror Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) di kabupaten Intan Jaya kembali terjadi. Senin 15 Februari 2021 seorang prajurit atas nama Prada Ginanjar Arianda, anggota Satgas Yonif R 400/BR tewas setelah tertembak KKSB.

Kapen Kogabwilhan III, Kolonel CZI IGN Suriastawa mengatakan penembakan terjadi sekitar pukul 08.23 wit, di Pos peninjauan, Kampung Mamba, Distrik Sugapa.

Baca Juga : Kapolda Papua : Teror di Intan Jaya Masih Terkait Masalah Pilkada 2017

“Penembakannya sekitar pukul 08.23 WIT, korban tertembak di bagian pinggang tembus ke perut. Paska tertembak Korban langsung kami evakuasi dengan menggunakan heli ke Timika dan dinyatakan meninggal dunia saat evakuasi, kurang lebih pukul 09.23 WIT, “Ungkap Kapen Suriastawa kepada pers, Senin (15/02/21).

Kapen menjelaskan, Paska penyerangan pos TNI di kampung Mamba tersebut, Personil langsung melakukan tembakan balasan dan sempat terjadi kontak tembak, sebelum akhirnya KKSB melarikan diri ke hutan.

Baca Juga : Kapolda Papua Ungkap Identitas Penembak Warga sipil di Intan Jaya

“ Setelah mereka mundur, kami lakukan pembersihan di lokasi dan  tim menemukan 1 butir munisi dan 1 kelongsong 5.56 mm, “Jelas Kapen.

Suriastawa menambahkan bahwa Prada Ginanjar Arianda (22 th) merupakan anggota Satgas Yonif R 400/BR, asal satuan Yonif 406 Brigif 4 dibawah Kodam IV/Diponegoro.

Korban akan segera dievakuasi dan rencananya akan dimakamkan di kampung halamannya di desa Mekarsari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat.

Baca Juga : Kontak Tembak di Intan Jaya, 2 Prajurit TNI Gugur

“Pimpinan dan keluarga besar TNI mengucapkan bela sungkawa atas gugurnya putra terbaik TNI di medan tugas demi membela bangsa dan negara,” Pungkas Suriastawa.

Dari data yang dikeluarkan Polda Papua, selama 2020, KKB beraksi sebanyak 49 kali di tujuh kabupaten.

Yang terbanyak terjadi di Intan Jaya sebanyak 23 kali, lalu Mimika 9 kali, Nduga 8 kali, Pegunungan Bintang 6 kali dan Keerom 1 kali.

Dari aksi-aksi tersebut, total ada 17 orang yang tewas karena ulah KKB. 12 orang diantaranya merupakan warga sipil, 4 anggota TNI dan 1 polisi.  (Redaksi Topik)

1 KOMENTAR

  1. Murni dari Tentara pembebasan Nasional Papua Barat untuk Menuntut kedaulatan penuh di atas Tanah Papua.
    Berarti tidak lain itu adalah Tentara pembebasan Nasional Papua Barat.(TPN-PB).
    yang perlu di akui oleh Dunia.
    Free west Papua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here