Kapolda Papua didampingi Irwasda dan dr. Silwanus Sumule saat mengunjungi RSUD Jayapura / ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Kepolisian Daerah (Polda) Papua memberikan bantuan sebanyak 123 tabung oksigen kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura.

Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri mengatakan bantuan 123 tabung oksigen tersebut akan diambil dari Rumah Sakit Bhayangkara untuk diperbantukan menangani pasien covid-19 di RSUD Jayapura yang tiap harinya terus bertambah.

Baca Juga : 88 Nakes di RSUD Jayapura Positif Covid-19, BOR lebih dari 100 Persen

“Nanti kita bantu 123 tabung oksigen yang kita ambil dulu dari RS Bhayangkara, semoga bantuan ini bisa membantu memenuhi kebutuhan oksigen bagi pasien covid di sini, “Ungkap Kapolda saat mengunjungi RSUD Jayapura, Selasa (20/07/21) siang.

Dalam kunjungannya ke RSUD Jayapura Kapolda juga menerima laporan bahwa hingga kini ketersediaan tempat tidur bagi pasien covid-19 di RSUD Jayapura telah melebihi kapasitas yang ada, bahkan sebagian pasien harus di rawat di luar ruangan IGD.

Baca Juga : Tujuh kali lebih Ganas, Varian Delta Covid-19 Sudah Masuk Papua

Pihak RSUD Jayapura rencananya akan mengalihfungsikan beberapa ruangan yang ada untuk dipakai untuk penanganan pasien covid-19 yang dalam dua pekan terakhir angka penambahannya tersu meningkat.

“Untuk ketersediaan BOR masih bisa kami kendalikan, dimana rencana ruang pasien jantung akan kami alihfungsikan untuk pasien Covid-19. Tentunya kami berharap pasien penyakit jantung bisa menurun karena jika meningkat kami bingung untuk tempatkan dimana lagi, “Kata Sekertaris RSUD Jayapura, dr. Silwanus Sumule.

Baca Juga : Bila Angka Covid-19 Terus Naik, Bulan Agustus Papua Lockdown

Sementara untuk kebutuhan oksigen, dr.Sumule mengaku pihaknya telah memesan alat produksi oksigen, sehingga diharapkan pada bulan Agustus mendatang RSUD Jayapura sudah bisa memproduksi Oksigen sendiri.

“Nanti bulan Agustus, kami sudah bisa produksi Oksigen sendiri, kekuatan produksi tiap hari bisa 300 tabung oksigen. Dimana saat ini peralatan untuk pembuatan oksigen masih dalam proses pengiriman ke Papua, “Ujar Sumule. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here