Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri / ist

Jayapura, Topikpapua.com, –  Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri memastikan Ratius Murip alias Neson Murib merupakan anggota KKB Numbuk Telenggen yang merupakan kelompok sempalan Lekagak Telenggen.

Ratius Murib alias Neson Murib merupakan tersangka penyuplai senjata api dan amunisi bagi kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang ditangkap pada hari selasa 15 juli lalu di bandara Mulia, Kabupaten Puncak Jaya.

Baca Juga : Pemuda Penjual Senpi Bagi KKB Ditangkap di Puncak Jaya 

Ratius kini sedang menjalani pemeriksaan intensif di Polres Puncak Jaya dan rencananya kasus Ratius akan diambil alih Polda Papua.

“Tadi malam saya sudah memerintahkan pejabat Direktur Kriminal Umum yang baru untuk menarik kasus itu dari Polres Puncak Jaya dan ditangani di Polda Papua sehingga penangannnya bisa simetris, lebih cepat dan menyeluruh,” ujar Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri, di Jayapura, Kamis (17/06/21).

Baca Juga : Akhir Perjalanan Paniel Kogoya, Kurir Pembeli Senjata Bagi KKB

Keberadaan Kombes Faisal Ramadhani sebagai Direskrimum Polda Papua dinilainya akan membuat proses pengungkapan kasus tersebut berlangsung cepat karena yang bersangkutan sebelumnya menjabat Kasatgas Gakum Nemangkawi.

“Tentunya semua yang berkaitan dengan pengembangan kasus semuanya akan ditelisik dan diminta keterangan dari keterangan yang disampaikan oleh tersangka,” kata Fakhiri.

Baca Juga : Bupati Intan Jaya Sebut KKB Rampas Dana Desa untuk Beli Senjata

Ia menegaskan, aparat keamanan akan mendalami kasus tersebut hingga ke akar masalahnya.

Menurut dia, pengungkapan kasus ini sangat penting karena bisa menutus mata rantai penyediaan senjata api dan amunisi bagi KKB.

“Kita harus memutus mata rantai ini bagaimana peluru dan senjata itu bisa sampai ke mereka (KKB), kita akan berusaha semaksimal mungkin memutus mata rantai ini sehingga siapapun yang terlibat akan kita periksa,” Pungkas Kapolda. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here