Ratius Murip dan barang bawaaannya yang di temukan aparat keamanan di bandara Mulia / ist

Jayapura, Topikpapua.com, –  Aparat berhasil mengamankan Ratius Murip, Pemuda yang di duga kuat merupakan bagian dari jaringan penjual senjata api dan amunisi kepada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak Jaya.

Ratius diamankan aparat pada hari selasa, 15 Juni sekitar pukul 13.00 wit saat hendak naik pesawat dari bandara Mulia menuju Timika.

Baca Juga : Dua Kali Lolos di Nabire, DPO Kasus Jual Beli Senpi Tertangkap di Jayapura

“Penangkapan ini berawal saat personil Sat Reskrim dan Sat Intelkam Polres Puncak Jaya mendapat informasi dari Kapospol Bandara mulia bahwa ada 1 orang penumpang transit Nabire dengan tujuan Timika yang gerak gerik nya mencurigakan, “Ungkap Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal, Selasa (15/06/21).

Mendapat laporan, Personil lalu mengamankan Ratius ke ruang Sat Reskrim guna dimintai keterangan. Dari hasil pemeriksaan di ketahui bahwa Ratius merupakan warga kampung Pumbanak, Kabupaten Puncak dan merupakan penumpang transit dari nabire dengan tujuan Timika.

Baca Juga : Akhir Perjalanan Paniel Kogoya, Kurir Pembeli Senjata Bagi KKB

“ Dari hasil pemeriksaan di ketahui bahwa Ratius telah melakukan transaksi jual beli sejata api, hal ini diketahui dari hasil pemeriksaan percakapan WA di hanphone milik Ratius, “Jelas Kamal.

Dijelaskan Kamal, bahwa Ratius telah membayarkan sejumlah uang sebesar Rp.63 Juta rupiah kepada saudara Andri Wijaya untuk membeli satu unit senjata laras panjang.

Baca Juga : Bupati Intan Jaya Sebut KKB Rampas Dana Desa untuk Beli Senjata

“Dari pemeriksaan awal, pelaku mengakui sudah pernah melakukan transaksi kepada AW sebesar Rp. 63.100.000  yang berada di kota Manado untuk membeli senjata laras panjang yang digunakan untuk perlengkapan KKB. Namun sampai sekarang ini AW belum memberikan senjata tersebut, “Beber Kamal.

Kamal juga mengaku saat diamankan di temukan uang tunai sebesar Rp 370 juta, diduga uang tersebut akan digunakan untuk membeli senjata api.

“Saat ini Ratius diamankan di Polres Puncak Jaya guna dimintai keterangan, “ Pungkas Kombes AM Kamal. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here