Ini Alasan Pergantian Nama Stadion Papua Bangkit Menjadi Lukas Enembe

10
Ketua PB PON Papua, Yunus Wonda / TA

Jayapura, Topikpapua.com, – Ketua PB PON Papua yang juga adalah anggota DPR Papua, Yunus Wonda membeberkan alasan DPR Papua dan PB PON mengganti nama Stadion Papua bangkit menjadi Stadion Lukas Enembe.

Menurut Yunus, Pemberian nama Lukas Enembe menggantikan nama Papua Bangkit untuk stadion termegah kedua di Indonesia ini, karena Lukas Enembe dianggap sebagai tokoh yang berhasil menjadikan Papua sebagai tuan rumah PON XX.

“Kenapa nama Papua Bangkit harus berubah menjadi Lukas Enembe..? pertama kami rakyat Papua tidak pernah bayangkan bila Provinsi Papua bisa menjadi tuan rumah PON, karena kami menyadari secara infrastruktur kita Papua sangat tidak mungkin melakukan itu, tetapi oleh komitmen yang kuat dari bapak Lukas Enembe yang didukung juga oleh bapak wakil Gubernur dan semua pihak, maka hal yang tidak mungkin itu sekarang terbukti, kita Papua juga bisa, “Kata Yunus kepada Pers, Senin (19/10/20).

Baca JugaIni Alasan Peresmian Venue PON Papua Ditunda

Yunus menjelaskan bila semangat pak Gubernur untuk menjadikan Papua sebagai tuan rumah PON XX perlu mendapatkan apresiasi, terlebih lagi apa yang dilakukan oleh pak Lukas secara tidak langsung membuktikan kepada Indonesia bahwa Papua juga bisa bersaing dengan daerah lain dalam pengembangan infrastruktur.

“Prinsip beliau adalah ambil dulu baru nanti disiapkan, karena menurut beliau kalau kita siapkan dulu infrastruktur nya baru mau lobby, itu nanti lama.., dan akhirnya kita lihat sendiri, saat papua dipercayakan sebagaituan rumah, Pak Gubernur langsung memerintahkan untuk bangun stadion, yang saat ini kita kenal dengan nama Papua Bangkit, “Jelas Yunus.

Diakui Yunus, paska disetujuinya Papua sebagai tuan rumah PON XX, Pak gubernur langsung memerintahkan untuk segera membangun stadion yang megah dengan menggunakan dana APBD Papua yang nilainya hampir 1,4 trilyun rupiah.

Baca JugaAlasan Corona, Peresmian 9 Venue PON Papua Digelar Virtual

“Sesuatu yang awalnya mustahil itu ditangan beliau saat ini semua bisa terwujud, Itulah alasan nya mengapa kami DPR papua saat itu (tahun 2019) mengajukan nama stadion Papua Bangkit kita ganti dengan nama beliau, Lukas Enembe, “Beber Yunus.

Sementara itu terkait banyaknya polemik pemberian nama Lukas Enembe menggantikan nama Papua Bangkit di saat pak Gubernur masih hidup, Yunus mengaku telah berdiskusi dengan pak Gubernur.

“Kami telah berdiskusi dengan bapak gubernur terkait polemik dimasyarakat soal penyebutan nama Lukas Enembe pada stadion Papua bangkit sementara beliau masih hidup, dan beliiau menjawab silahkan itu tidak masalah kalau persoalan hidup-mati itukan urusannya Tuhan,”Pungkas Yunus. (Redaksi Topik)

10 KOMENTAR

  1. Menurut sy sebaiknya nma stadion papu bangkit ttp tinggal tambain “HARAPAN PAPUA BANGKIT”sebab harapan beliau utk Papua tuan rmh pon xx,2020 akhirnya terujud,Papua bangkit itu kan visi misi beliau semua masyarakat Papua tahu itu pa Gubernur,olh sbab itu utk suatu penghormatan buat beliau buat kan semacam patung yg di desain lengkap dgn stadion ,monumental ..spy TDK ada polimit ,di masyarakat nama beliau ttp di sanjung spanjang masa dari generasi ke generasi Papua…
    Yg terhormat para wakil rakyat Papua revisi kembali demi penghormatan rakyat kita Papua ttp aman damai dan sejahtra.

  2. Lebih bagus Digantikan nama Stadion pon 2020 di papua jayapura, Jabatan gubernur itu tdk akan terhilang dari jabatan berikut-nya Atas nama pembagunan Gedung gor Stadion jayapura ini tetap ada pembagunanan dari masa jabatan Bapak LUKAS ENEMBE, S,IP, MA.

  3. Kalo saya tetap tidak setuju.Dana yg digunakan adalah dana yang berasal dsri Rakyat.Jd apapun itu tetap harus nama dari tokoh masyrakat adat dimana lokasi dibangun.Bukan nama Gubernur.

  4. Nama stadion Papua bangkit it sudah bagus sebab stadion it bukan milik satu org tp it milik semua masyarakat Papua

  5. Saya tidak setuju dgn pemberian nama papua bangkit menjadi lukas enembe,.
    Kalau di lihat lukas enembe bukan satu satunya tokoh masyarakat papua dan untuk kewajiban sebagai gubernur itu sdh Tugasnya untuk menjadikan PAPUA PON.
    Beliau naik sebagi gubernur itu dari rakyat papua,dan stadion itu di bangun dgn uang rakyat dari pajak daerah bukan di bangun dgn uang pribadi beliau

  6. Nama stadion baru Papua yang dahulu dinamakan Stadion ‘Papua Bangkit’ menjelang peresmiannya diganti menjadi Stadion ‘Lukas Enembe’. Hal ini menjadi polemik dan perdebatan di tempat asalnya. Memeng sebenarnya sangat disayangkan sih nama stadion baru dinamakan stadion ‘Lukas Enembe’, memang apa salahnya dengan nama sebelumnya Stadion ‘Papua Bangkit’? Kalau dilihat dari namanya menyiratkan sebuah makna kebangkitan Papua untuk bisa bangkit membangun daerahnya. Eh kenapa malah ‘Lukas Enembe’?! Kenapa tidak diambil dari nama Tokoh Pahlawan Papua atau sesuatu yang berciri khas Papua, mis:Gunung Cyclop, Cenderawasih atau Papeda (papua penuh damai). Dikatakan pemberian nama stadion ‘Lukas Enembe’ sudah mendapatkan persetujuan dari para anggota dewan terhormat. Pemberian nama stadion ‘Lukas Enembe’ dirasa pantas untuk dijadikan nama stadion karena peran serta jasa Gubernur Lukas Enembe menjadikan Papua sebagai tuan rumah PON XX. Sementara itu para Tokoh adat sendiri juga ikut menyayangkan dan menolak pemberian nama stadion ‘Lukas Enembe’. Nama Bandara ‘Sentani’ dan Stadion ‘Papua Bangkit’ sudah mewakili seluruh masyarakat Papua sehingga tidak boleh diganti dengan nama perorangan (kecuali mungkin nama pahlawan dari Papua). Pemda memang seharusnya berkoordinasi dahulu dengan dewan adat wilayah karena ini menyangkut hak ulayat adat itu sendiri. Atau mengganti nama stadion menjadi nama sponsor patut menjadi pertimbangan tersendiri. Stadion dibrending nama sponsor setidaknya bisa mendapatkan income yang jelas. Artinya Pemda sebagai penanggungjawab stadion tidak lagi terlalu pusing dalam biaya maentenance stadion yang tidak sedikit. Dalam hal ini bisa diserahkan langsung oleh sponsor. Dan ini juga bisa mendatangkan income buat PAD untuk Provinsi Papua. Dalam pemberian nama terhadap fasilitas publik seharusnya lebih bijak dalam memutuskan, sehingga nama ini bisa menjadi berkat untuk Indonesia, terlebih khusus buat bangsa Papua tercinta.

  7. Nama STADION PAPUA BANGKIT sangat tepat karena menandai kebangkita masyarakat Papua di segala aspek kehidupan dalam bingkai NKRI. Nama ini memberikan kebanggaan tersendiri bagi masyarakt Papua juga kami yang berada di luar Papua. Karena itu mohon stadion Lukas Enembe di kembalika kepada nama semula STADION PAPUA BANGKIT. Tks.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here