Tokoh adat Tabi, Herman Yoku dan Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Pemuda Adat Papua, Yan Christian Arebo / ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Tokoh adat Tabi, Herman Yoku mengaku mendukung penuh kebijakan pemerintah Pusat yang memperpanjang Otonomi Khusus (Otsus) di Papua.

Menurut Herman, Keberlanjutan Otsus di Papua sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, asalkan dana Otsus tersebut tepat sasaran.

Baca Juga : Ini 9 Poin Pernyataan Sikap Gubernur Enembe Terkait Pengesahan RUU Otsus Papua

“saya setuju Otsus lanjut, namun kedepan agar anggaran Otsus itu langsung kepada masyarakat adat Papua, dan soal mekanisme pemberian dana Otsus itu seperti apa nanti tinggal pemerintah yang mengaturnya, “Ungkap Herman, Jumat (13/08/21).

Hal tersebut disampaikan Herman karena menurutnya dimasa lalu dana Otsus belum terbagi merata kepada masyarakat.

Baca Juga : POKDARWIS Kabupaten Jayapura Dukung Otsus dan Pemekaran DOB

“Banyak masyarakat yang berteriak bahwa Otsus tidak ada dan tidak sampai ke tangan mereka. Untuk itu alangkah baiknya pemerintah bisa memberikan anggaran Otsus itu langsung kepada masyarakat, “Tukasnya.

Lanjutnya, sudah hampir 20 tahun Otsus berlaku di Papua, tapi masyarakat tidak pernah merasakan dana Otsus sevara langsung, sehingga masyarakat masih berjuang sana dan sini, karena merasa Negara menipu masyarakat.

Baca Juga : Yanto Eluay : Otsus dan Pemekaran Penting Bagi Kesejahteraan Masyarakat Papua

“Untuk itu, saya himbau kembali kepada masyarakat Papua Khususnya adat Tabi untuk kita saling menjaga, membangun, dan selalu mengingatkan karena keberlangsungan Otsus bagi masyarakat Papua sangat penting, “Ujar Herman.

Hal senada disampaikan Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Pemuda Adat Papua, Yan Christian Arebo. Menurut Yan yang harus di perhatikan adalah perlu adanya pengawasan yang ketat oleh DPRD maupun DPRP terkait pengelolaan dana Otsus.

Baca Juga : Revisi UU Otsus, Pemprov Papua Ajukan Lima Permintaan ini ke Pusat

“Selama ini yang mengawasi hanya pemerintah provinsi Papua saja sedangkan masyarakat tidak terlibat sama sekali, sebaiknya DPRD dan DPRP juga terlibat langsung untuk mengawasi, karena mereka adalah wakil rakyat Papua, “Ungkap Yan, Jumat (13/08/21).

Yan juga mengajak seluruh komponen masyarakat di Papua agar mendukung perpanjangan Otsus di Papua demi kesejahteraan rakyat Papua.

“Ini perlu kita syukuri, karena ini merupakan anugrah dari Tuhan,  Jangan ada lagi kata tolak-menolak yang dikait-kaitkan dengan Papua merdeka dengan melakukan demo, provokasi dan lain sebagainya. Papua sudah merdeka! Tinggal kita mengisi kemerdekaan ini dengan memajukan kesejahteraan melalui kebijakan otonomi khusus yang sudah disahkan ini, “Jelas Yan. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here