PLN Berikan Edukasi Keselamatan Kelistrikan Kepada Masyarakat Kepi, Merauke

oleh

Merauke, Topikpapua.com, – PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Papua dan Papua Barat terus menggencarkan sosialisasi dan edukasi tentang Keselamatan Ketenagalistrikan, manfaat dan bahaya listrik bagi masyarakat di Kepi, Merauke.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keselamatan dalam menggunakan energi listrik.

“Kami berharap dengan kegiatan sosialisasi ini, masyarakat dapat lebih memahami tentang pentingnya menjaga keselamatan dalam menggunakan energi listrik. Sehingga, kecelakaan kelistrikan di masyarakat dapat dicegah dan pelayanan listrik dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ujar Ade Arrang Malle Mantiri, Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Merauke.

Sosialisasi ini menyasar kepada masyarakat yang tinggal di sekitar jaringan listrik, memiliki pohon di dekat jaringan listrik, dan sedang membangun rumah.

Masyarakat diimbau untuk selalu memprioritaskan keselamatan dalam beraktivitas dan memperhatikan jarak aman bangunan dengan jaringan listrik PLN, khususnya Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 20 KV.

General Manager PT PLN (Persero) UIW Papua dan Papua Barat, Budiono, menyampaikan bahwa sosialisasi dan Edukasi Keselamatan Ketenagalistrikan kepada masyarakat ini sangatlah penting dan perlu dilakukan secara berkala dan berkelanjutan.

“Tujuannya untuk meningkatkan kepedulian masyarakat pada bahaya listrik, serta bisa mengenali potensi apa saja yang bisa menyebabkan bahaya itu muncul, sehingga kecelakaan kelistrikan di masyarakat dapat dicegah,” ungkap Budiono.

Salah satu kegiatan sosialisasi yang dilakukan adalah memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kegiatan sehari-hari yang dapat menimbulkan bahaya listrik, seperti, Memasang antena, reklame, baliho, umbul-umbul, neon box di dekat jaringan listrik

Menerbangkan balon udara dan/atau layang-layang di sekitar jaringan listrik, Menyambung listrik secara ilegal, Mendirikan/memperbaiki bangunan yang terlalu dekat dengan jaringan listrik tanpa koordinasi dengan PLN.

Berikut, Membakar sampah/bermain petasan di bawah jaringan listrik, Membiarkan ranting-ranting pohon mengenai jaringan listrik, Memarkir truk/trailer di dekat jaringan listrik dan Menebang/memindahkan bagian pohon serta mengambil buah yang menyentuh jaringan listrik.

“Masyarakat dihimbau untuk selalu menjaga jarak aman dari jaringan listrik karena selain membahayakan juga dapat menyebabkan terputusnya aliran listrik kepada pelanggan,” ujarnya.

PLN menghimbau kepada masyarakat yang melihat atau mengetahui adanya potensi bahaya ketenagalistrikan di sekitar mereka untuk segera melapor ke PLN melalui Call Center PLN 123 atau melalui aplikasi PLN Mobile. (Redaksi Topik)

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.