Polisi : Anggota KKB yang Tewas Tertembak di Yahukimo Terlibat Puluhan Aksi Pembunuhan

oleh

Jayapura, Topikpapua.com, – Tim Ops Damai Cartenz akhirnya berhasil mengungkap identitas jenazah anggota KKB yang ditembak mati aparat gabungan saat penggrebekan markas KKB di Kali Braza, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Kamis (22/2/2024).

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz, Akbp Bayu Suseno mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan oleh penyidik baik lewat dokumentasi dari foto-foto lama yang ada di media sosial dan dokumen video kejadian di masa lalu, Jenazah diketahui mirip dengan terduga Otniel Giban alias Bolong Giban.

“Yang bersangkutan berjenis kelamin laki-laki dan beralamat di Kabupaten Nduga. Otniel ini termasuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polres Yahukimo dan tergabung dalam kelompok KKB Ndugama serta aktif di Batalyon Wosak, pimpinan Yotam Bugiangge,” ungkap Akbp Bayu, Sabtu (24/2/2024).

Akbp Bayu menerangkan jika Otniel merupakan KKB aktif yang kerap terlibat dalam serangkaian aksi kejahatan baik di kabupaten Yahukimo maupun dinkabupaten Nduga. “

“Sedikitnya ada 10 aksi yang melibatkan Otniel dalam kejahatan KKB di Yahukimo maupun di Nduga, diantaranya dia ini terlibat dalam aksi penembakan terhadap seorang warga sipil atas nama Evendi Tiakoli pada tanggal 5 Maret 2022 di Yahukimo, yang mengakibatkan korban meninggal dunia,” ungkap Bayu.

Berikutnya, Otniel diketahui terlibat dalam aksi penyerangan terhadap masyarakat sipil di Kampung Nogolait, Distrik Kenyam kabupaten Nduga pada tanggal 16 Juli 2022 yang mengakibatkan 11 Orang meninggal dunia dan 2 Orang Luka-luka.

” Otniel juga terlibat dalam penyerangan Anggota Kodim 1715 Yahukimo yang mengakibatkan meninggalnya Pratu Lukas Worambay pada tanggal 01 Maret 2023 lalu,” ujar Bayu.

Berikutnya pada tanggal 21 Agustus 2023, Otniel juga terlibat aksi penembakan terhadap Pratu Agung Pamuji Laksono di jalan yahuli Distrik Sekai, Kabupaten Yahukimo yang mengakibatkan Korban Meninggal Dunia.

” Dia juga merupakan satu dari kelompok KKB yang membantai pendulang emas di Kali Ei, Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo tanggal 16 Oktober 2023 lalu yang mengakibatkan 13 orang meninggal Dunia,” beber Bayu.

Aksi terakhir Otniel adalah ikut terlibat dalam penembakan Pesawat Wings Air yang terjadi di Area Bandara Nop Goliat Dekai, Kabupaten yahukimo, pada tanggal 17 Februari 2024 yang mengakibatkan, Pratu Ongen R. Dori, anggota Kodim 1715 Yahukimo, mengalami luka lecet pada leher sebelah kiri akibat serpihan kaca yang terkena peluru.

” Selain itu dia juga terlibat dalam banyak aksi penghadangan, pembakaran dan teror di kabupaten Yahukimo dan Nduga,” tutup Akbp Bayu Suseno.

Sebelumnya diberitakan aparat gabungan TNI-Polri berhasil menggrebek markas KKB di Kali Braza, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo pada Kamis 22 Februari 2024.

Dalam penggrebekan tersebut sempat terjadi kontak tembak yang mengakibatkan satu anggota KKB tewas.

Aparat gabungan juga berhasil mengamankan dua orang yang di duga adalah simpatisan KKB di lokasi kejadian. Selain itu, aparat gabungan juga berhasil menyita puluhan amunisi dan megazine senjata laras panjang dan dokumen papua merdeka dari lokasi kejadian. (Redaksi Topik)

No More Posts Available.

No more pages to load.