Aparat Gabungan Grebek 2 Markas KKB di Yahukimo

oleh

Dekai, Topikpapua.com, – Aparat gabung TNI-POLRI yang tergabung dalam Satgas Ops Damai Cartenz-2023 behasil menemukan markas KKB di Kali Braza, Kabupaten Yahukimo, Sabtu (4/11/2023). Sebelumnya, pada Senin 30 Oktober 2023, Aparat gabungan juga berhasil menemukan markas KKB di Kali Ei.

Kepala Operasi Damai Cartenz 2023, Kombes Faizal Ramadhani, mengatakan bahwa aparat gabungan yang berhasil menemukan dua markas KKB teraebut berasal dari Satgas Nanggala, Satgas Gakkum, Satgas Blukar dibantu oleh personel Polres Yahukimo, Kodim 1715 Yahukimo dan Satgas Marinir Yonif 7/Lampung.

“Jadi operasi gabungan ini sudah kita mulai sejak 30 Oktober 2023 lalu dan hingga hari Sabtu (04/11/2023) kami telah berhasil menduduki 2 Markas KKB pimpinan Elkius Kobak yaitu Markas Kali Ei dan Markas Kali Brasa” ungkap Kombes Faizal, Minggu (5/11/2023).

Menurut Kombes Faizal, saat penggrebekan dilakukan pihaknya tidak menemukan anggota KKB di kedua markas tersebut,” Saat digrebek mereka tidak ada di markas, saat kami masuk markas sudah kosong, Namun kami temukan beberapa barang bukti,” Jelas Faizal.

Sejumlah barang butki yang berhasil disita dari kedua markas KKB tersebut antara lain Solarsel 4 unit, mesin Genset 6 unit, sejumlah senjata tajam berupa parang, panah dan jubi, 2 buah HT/cas ht, 2 unit senapan angin dan 1 stel pakaian loreng khas KKB.

“Selain itu terdapat juga barang bukti berupa suntikan dan beberala botol ampul serta sejumlah obat2an yg diduga hasil merampas dari Tenaga Kesehatan di Puskesmas Amuma Yahukimo yg beberapa waktu yg lalu dianiaya KKB saat sedang bertugas disana” ungkap Kombes Faizal.

Memurut Faizal, karena pertimbangan posisi markas yang berada diketinggian sehingga tidak memungkinkan untuk membawa seluruh barang bukti ke polres Yahukimo,” Maka sebagian barang bukti langsung kami musnahkan di TKP,” ujar Faizal.

Faizal pun menegaskan bila aparat gabungan masih akan terus melalukan penyisiran dan pengejaran terhadap anggota KKB di wilayah Yahukimo. “Kami akan terus lakukan pengejaran dan akan kami hancurkan markas KKB lainnya yang berada di sekitar kota Dekai Yahukimo” Tegas Faizal.

Sebelumnya diberitakan, dalam beberapa bulan terakhir KKB kerap melalukan teror di kabupaten Yahukimo, mulai dari menembak aparat gabungan, meneror para penambang hingga menganiaya petugas medis. (Redaksi Topik)

No More Posts Available.

No more pages to load.