Jayapura, Topikpapua.com, – Pada episode sebelumnya tim Redaksi Topik telah membahas secara rinci enam cabor yang akan di pertandingkan di Klaster Kota Jayapura pada Peparnas XVI 2021 Papua.

Edisi kali ini Tim Redaksi Topik akan mengulas enam cabor lainnya yang akan di pertandingkan pada Klaster Kabupaten Jayapura.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat PEPARNAS XVI Papua 2021, Part II

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat PEPARNAS XVI Papua 2021, Part I

Cabor Angkat Berat

Maskot Cabor Angkat Berat Peparnas XVI 2021 Papua / ist

Cabang olahraga angkat berat Peparnas pada dasarnya sama dengan cabang olahraga angkat berat pada umumnya, yang membedakan adalah atlet angkat berat semuanya mengalami kekurangan fungsi pada kaki, jadi hampir dipastikan keseluruhan atlit angkat berat Peparnas menggunakan kursi roda.

Untuk peralatan pertandingan seperti benpress menggunakan benpress khusus yakni benpress posisi tidur yang lurus yang nantinya dibagian kaki akan ada sabuk pengikat.

Pada Cabor Agkat Berat Peparnas peserta nya adalah Atlet kategori Tuna Daksa Bagian Kaki, artinya atlet yang bertanding mengalami cacat di bagian kaki, sehingga posisi saat angkat berat dalam posisi tidur menghadap keatas.

Pada Peparnas XVI Papua, Cabor angkat berat akan mengunakan Venue Hall Suni Garden hotel Sentani.

Cabor angkat berat pada Peparnas XVI Papua akan mempertandingkan 20 nomor pertandingan, terdiri dari 10 putra dan 10 putri.

Sebanyak 90 atlet akan bertanding pada cabor ini sedangkan jumlah pelatih yang akan mendampingi para atlet sebanyak 30 orang.

Sedangkan Panpen yang akan terlibat pada Cabor angkat berat sebanyak 151 orang, sehingga total orang yang akan terlibat dalam cabor ini sebanyak 488 orang.

Cabor Atletik

Maskot Cabor Atletik Peparnas XVI 2021 Papua / ist

Cabang olahraga atletik Peparnas pada dasarnya sama dengan cabang olahraga atletik pada PON, yang membedakan adalah pada Peparnas ada nomor pertandingan tolak/lempar kursi duduk dan balap kursi roda.

Berbeda dengan cabor Peparnas yang lainnya, untuk Cabor Atletik di ukuti oleh semua klasifikasi disabilitas, yakni Tuna Daksa, Tuna Grahita, Tuna Netra dan Tuna Rungu Wicara.

Pada Peparnas XVI Papua, Cabor Atletik akan mengunakan Venue Arena Atletik Stadion Lukas Enembe, kampung harapan Sentani.

Cabor Atetik pada Peparnas XVI Papua akan mempertandingkan 189 nomor pertandingan, terdiri dari 109 nomor pertandingan untuk atlet putra, 80 nomor pertandingan untuk atlet putri dan 9 nomor pertandingan beregu.

Selain menyumbang nomor pertandingan terbanyak, atlet yang akan bertanding pada peparnas XVI Papua juga terbanyak di semua cabor, yakni 650 atlet dengan 185 pelatih.

Sedangkan Panpen yang akan terlibat pada Cabor Atletik sebanyak 330 orang, total orang yang akan terlibat dalam cabor ini sebanyak 1.165 orang.

Cabor Menembak

Maskot Cabor Menembak Peparnas XVI 2021 Papua / ist

Cabang olahraga menembak pada Peparnas XVI 2021 Papua hampir sama dengan cabang olahraga menembak pada umumnya, yang membedakan adalah atlet peserta menembak pada Peparnas adalah atlet disabilitas tuna daksa dan sebagian menggunakan kursi roda.

Venue yang digunakan pada cabor Menembak di Peparnas XVI Papua, adalah Venue Arena Menembak, Kampung Harapan, Sentani.

Ada 18  nomor pertandingan pada cabor menembak di Peparnas XVI Papua, terdiri dari 5 nomor untuk putra 5 nomor untuk putri, 3 nomor campuran dan 5 nomor beregu.

Sebanyak 60 atlet akan bertanding pada cabor ini sedangkan jumlah pelatih yang akan mendampingi para atlet sebanyak 25 orang.

Sedangkan Panpen yang akan terlibat pada Cabor Menembak sebanyak 131 orang, sehingga total orang yang akan terlibat dalam cabor ini sebanyak 216 orang.

Cabor Panahan

Maskot Cabor Panahan Peparnas XVI 2021 Papua / ist

Cabang olahraga panahan pada Peparnas XVI 2021 Papua hampir sama dengan cabang olahraga panahan pada umumnya, yang membedakan adalah atlet peserta panahan pada Peparnas adalah atlet disabilitas tuna daksa dan sebagian menggunakan kursi roda.

Pada Peparnas XVI Papua, Cabor Panahan akan mengunakan Venue Arena Panahan Kampung Harapan, Sentani.

Pada Peparnas XVI Papua, Cabor Panahan akan mempertandingkan 44 nomor pertandingan, terdiri dari 13 nomor pertandingan untuk putra dan 13 untuk putri, 5 ganda putra, 4 ganda putri, 3 nomor campuran dan 6 nomor beregu.

Sebanyak 125 atlet akan bertanding pada cabor ini sedangkan jumlah pelatih yang akan mendampingi para atlet sebanyak 40 orang.

sebanyak 152 orang Panpel akan membantu cabor Panahan, total orang yang akan terlibat dalam cabor ini sebanyak 317 orang.

Cabor Renang

Maskot Cabor Renang Peparnas XVI 2021 Papua / ist

Cabang olahraga renang pada Peparnas XVI 2021 Papua pada dasarnya sama dengan cabang olahraga renang pada umumnya, yang membedakan adalah atlet peserta merupakan atlet disabiitas, mulai dari Tuna Daksa, Tuna Grahita, Tuna Netra dan Tuna Rungu Wicara.

Cabor Renang  akan mengunakan Venue Arena Renang Kampung Harapan, Sentani.

Pada Peparnas XVI Papua, Cabor Renang akan mempertandingkan 163 nomor pertandingan, terdiri dari 90 nomor pertandingan untuk putra dan 72 untuk putri.

Sebanyak 240 atlet akan bertanding pada cabor ini sedangkan jumlah pelatih yang akan mendampingi para atlet sebanyak 170 orang.

Ada 194 orang Panpel yang akan terlibat di cabor renang. Total orang yang akan terlibat dalam cabor ini sebanyak 604 orang.

Cabor Tenis Meja

Maskot Cabor Tenis Meja Peparnas XVI 2021 Papua / ist

Cabang olahraga tenis meja Peparnas pada umumnya hampir sama dengan tenis meja biasa baik dari segi meja, bed, bola, dan lain-lain. Yang membedakan adalah pada tuna daksa sebagian atlit bertanding menggunakan kursi roda dan sebagian nomor tertentu dikursi roda mempunyai aturan khusus dalam pertandingan.

Untuk Cabor Tenis Meja Peparnas diiukuti oleh semua klasifikasi disabilitas, mulai dari Tuna Daksa, Tuna Grahita, Tuna Netra dan Tuna Rungu Wicara.

Pada Peparnas XVI Papua, Cabor Tenis Meja akan mengunakan Venue Istora Kampung Harapan, Sentani.

Cabor Tenis Meja pada Peparnas XVI Papua akan mempertandingkan 62 nomor pertandingan, terdiri dari 20 nomor pertandingan atlet putra dan 20 nomor untuk putri, 7nomor campuran, 8 beregu putra dan 7 nomor beregu putri.

Sebanyak 180 atlet akan bertanding pada cabor ini sedangkan jumlah pelatih yang akan mendampingi para atlet sebanyak 60 orang.

Sedangkan Panpen yang akan terlibat pada Cabor Tenis Meja sebanyak 132 orang, sehingga total orang yang akan terlibat dalam cabor ini sebanyak 372 orang.

Berikut tabel sebaran kouta atlet dan offisial Peparnas XVI Papua 2021 di Klaster Kabupaten Jayapura :

Sobat Topik.., demikian informasi terkait 6 cabor yang akan di pertandingkan di klaster Kabupaten  Jayapura pada Peparnas XVI Papua 2021, Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua, Mari Sukseskan Peparnas XVI 2021 di Papua, “Sehati Mencapai Tujuan Ciptakan Prestasi” (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here