Ketua Harian Tim Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, William R Manderi / B

Jayapura,Topikpapua.com, – Ketua Harian Tim Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, William R Manderi mengaku pelaksanaan vaksinasi di Papua akan dilaksanakan mulai tanggal 14 Januari 2021.

“Tadi kami rapat dan sepakati bahwa kita di provinsi Papua akan lakukan vaksin pertama kepada 10 Voulonter (relawan) pada tanggal 15 januari 2021, namun untuk jadwal secara umum kita buka sejak tanggal 14 Januari (bagi kabupaten/kota), “Kata William kepada Redaksi Topik usai menggelar rapat Koordinasi Vaksinasi Covid-19 di Provinsi Papua, Jumat (08/01/21).

William mengaku 10 orang relawan yang akan di vaksin pertama kali akan di pilih dari beberapa golongan, diantaranya pejabat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan TNI-Polri.

“ Yang pasti 10 orang relawan pertama yang akan kita vaksin tersebut harus memenuhi semua syarat , diantaranya harus sehat dan tidak memiliki penyakit penyerta, “Ungkapnya.

Vaksin pertama di Papua akan dilakukan serentak dengan acara Louncing vaksinasi Papua yang akan di gelar pada tanggal 15 Januari 2021.

“Kita rencananya akan lakukan lounching pada tanggal 15 januari, ada tim yang sudah siap untuk melakukan itu termasuk mencari siapa-siapa saja yang akan di vaksin, yang jelas sesuai dengan aturan dari pusat, yang pertama kita vaksin adalah para nakes, kemudian pejabat publik, TNI – Polri dan mereka yang pekerjaannya berhubungan dengan orang banyak, lalu masyarakat umum, “Beber William.

Lanjutnya, setelah melakukan vaksin perdana di Provinsi Papua, selanjutnya vaksin akan di berikan kepada kabupaten kota.

“Kita akan fokuskan dulu di beberapa daerah yang menjadi zona merah, seperti kota jayapura, mimika, kabupaten jayapura, merauke, biak dan nabire, “Ujar William.

William berharap agar masyarakat di Papua bila di tunjuk atau di minta untuk di vaksin agar tidak menolak, “Kami berharap semua orang harus siap, karena ini bukan hak, tetapi kewajiban setiap orang untuk harus di vaksin, “Tukasnya.

Dijelaskan William agar masyarakat bisa mengerti dan percaya kepada vaksin covid-19, sebelum pelaksanaan vaksinasi serentak, pihaknya akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu.

“Kita juga akan segera melakukan sosialisasi kepada masyarakat kita di Papua mengingat ini hal baru, siapa saja yang bisa di vaksin dan siapa yag tidak, apa syarat-syaratnya, semua akan kita sosialisasikan, agar tidak terjadi sesuatu dikemudian hari, “Pungkas William. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here