Dukung Transisi Energi dan Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Luncurkan Green SPKLU Pertama di Papua

oleh

Jayapura, Topikpapua.com, – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Papua dan Papua Barat meluncurkan Green SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) di Jayapura, Papua. SPKLU ini menjadi yang pertama di Papua yang beroperasi sepenuhnya menggunakan energi terbarukan.

Dengan memanfaatkan panel surya berkapasitas 7,4 kWp yang dipadukan dengan baterai lithium, inverter PV, dan inverter baterai, Green SPKLU ini menghasilkan listrik bersih untuk mengisi daya kendaraan listrik.

Dengan kapasitas pengisian maksimal 10 kW dan potensi pengembangan hingga 15 kW, Green SPKLU menjadi kombinasi yang optimal dalam menghasilkan listrik bersih untuk mengisi daya kendaraan listrik, sekaligus menjadi solusi pengisian daya yang andal, bahkan saat terjadi pemeliharaan jaringan listrik.

General Manager PLN UIW Papua dan Papua Barat, Budiono, menjelaskan bahwa salah satu permasalahan utama dalam ekosistem kendaraan listrik adalah ketersediaan infrastruktur pengisian daya yang memadai dan ramah lingkungan. Hadirnya Green SPKLU ini menjadi jawaban terhadap keraguan masyarakat akan hal tersebut.

“Dengan memanfaatkan energi terbarukan, Green SPKLU menyediakan solusi pengisian daya yang bersih, andal, dan terjangkau bagi pengguna kendaraan listrik. Kedepannya kami berharap fasilitas ini bisa semakin banyak didirikan seiring dengan pertumbuhan pemakaian kendaraan listrik di Papua,” ungkap Budiono, Selasa (25/6/2024).

Budiono menambahkan langkah yang telah dilakukan PLN ini menjadi salah satu komitmen PLN untuk mendukung program pemerintah dalam mencapai target bauran energi terbarukan sebesar 23% pada tahun 2025.

Upaya ini juga diharapkan dapat sedikit demi sedikit mengurangi emisi gas buang sehingga kualitas udara bisa terjaga.

“Bagi masyarakat yang memiliki kendaraan listrik di sekitar Kota atau Kabupaten Jayapura apabila ingin mencoba pengalamaan menggunakan Green SPKLU ini dapat langsung datang ke Kantor PLN UIW Papua dan Papua Barat. Kami berharap inovasi ini dapat mendorong penggunaan kendaraan listrik yang lebih luas di Papua dan Papua Barat, serta menjadi inspirasi bagi pengembangan SPKLU serupa,” tutup Budiono. (Redaksi Topik) 

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.