Peringatan Hari HKN Ke 59 di Mappi, Ini Pesan Pj Bupati Gomar

oleh

Mappi, Topikpapua.com, – Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar memimpin apel dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 di Kabupaten Mappi. Upacara berlangsung di halaman kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Mappi pada Senin (13/11/2023). Upacara juga dihadiri oleh para kepala OPD, ketua TP-PKK Kabupaten Mappi, Ny. Stefanie Gomar serta jajaran forkompinda di Kabupaten Mappi.

Dalam upacara tersebut Pj Bupati mengatakan saat ini Indonesia sedang mengalami periode bonus demografi, yang merupakan kesempatan langka dalam peradaban suatu negara,” Kita Bangsa Indonesia harus bekerja keras memanfaatkan peluang ini sebagai momentum Indonesia lolos dari Middle-income trap, menjadi negara berpendapatan tinggi, serta mencapai Visi Indonesia Emas 2024. Manusia Indonesia yang sehat dan cerdas adalah kunci mencapai keemasan itu,” ungkap Bupati Gomar.

Dikatakan Pj Bupati bahwa dengan tema “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju” menjadi momentum untuk menyadarkan pentingnya peran kesehatan dalam meraih kemajuan bangsa, sesuai amanat UUD 1945 bahwa setiap warga negara berhak memperoleh pelayanan kesehatan. Dan Negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan yang layak.

Hal itu juga diatur melalui Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang kesehatan yang baru disahkan, dan saat ini pemerintah sedang menyusun Rencana Induk Bidang Kesehatan (RIBK) sebagai pedoman dalam pembangunan kesehatan di seluruh Indonesia.

“Pesan saya, RIBK yang digagas oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah wajib mengimpelementasikan hal tersebut dalam merencanakan, menganggarkan, dan mengimplementasikan program kesehatan di wilayahnya,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut Pj Bupati juga membacakan pesan Menteri Kesehatan yang mana menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua tenaga kesehatan yang telah berjuang tanpa lelah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan di Indonesia.

“Saya berharap dalam memperingati HKN ke 59 di Kabupaten Mappi dalam hal ini Dinas Kesehatan kedepannya terus meningkan dalam hal pelayanan kesehatan yang maksimal kepada seluruh warga masyarakat,” pungkasnya.(Redaksi Topik)

No More Posts Available.

No more pages to load.