Korban tembak KKB di Intan Jaya saat tiba di Bandara Mozes Kilangan / ist

Jayapura, Topikpapua.com, –  Seorang warga sipil berinisial Ramli NR (32) ditembak Kelompok Sipil Bersenjata di Kampung Bilogai, Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya, Senin  8 Februari 2021.

Beruntung Korban selamat dari maut, padahal korban di tembak dari jarak dekat di bagian wajah.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal kepada Pers Selasa siang menjelaskan bila kejadian tersebut terjadi senin petang sekitar pukul 17.30 wit.

“ Dari keterangan saksi yang merupakan istri dari korban, pelaku datang dari arah jalan belakang Rumah korban (Jalan Bilogai Kampung) kemudian mendatangi korban dan menyampaikan bahwa ingin menjual minyak tanah, “Ungkap Kamal.

Baca JugaSerang Pos TNI di Nduga, Seorang Warga Sipil Tertembak

Lanjutnya, korban lantas memanggil saksi karena ada yang menjual minyak tanah, kemudian pelaku menyampaikan kepada saksi bahwa dia tidak membawa jerigen minyak tanah dan meminta jerigen kepada saksi.

“Saat saksi hendak membalikan badan untuk mengambil jerigen pelaku langsung menodongkan senjata kepada korban dan menembak korban dengan senjata api laras pendek. Selanjutnya pelaku melarikan diri, “Jelas Kombes Kamal.

Baca JugaKembali Berulah, KKSB di Intan Jaya Tembak Mati Warga Sipil dan Anggota TNI

Melihat kejadian tersebut saksi langsung berteriak meminta bantuan sehingga masyarakat yang berada disekitaran lokasi panik dan langsung berlarian.

Warga lalu melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Sugapa untuk meminta bantuan kepada personil Polsek Sugapa.

“Mendapat laporan personil gabungan langsung mendatangi TKP dan mengevakuasi korban ke Puskesmas Bilogai guna dilakukan tindakan medis, “lanjut Kamal.

Baca JugaKKSB Intan Jaya Kembali Berulah, 1 Warga Sipil Tewas Ditembak

Kombes Kamal juga mengaku, paska kejadian tersebut aparat gabungan langsung melakukan pengejaran terhadap pelaku sambil berkoodinasi dengan Satuan TNI di Intan Jaya.

“Pasca kejadian selain mengejar pelaku, aparat Gabungan TNI-Polri juga tingkatkan Patroli disekitaran TKP dan di Kota Sugapa Kabupaten Intan Jaya, “ujarnya.

Diungkapkan Kamal, korban mengalami luka tembak dibawah hidung kiri tembus rahang leher tembus bahu kanan.

“ Korban sempat di rawat di Puskesmas Bilogai, dan hari ini di laporkan korban sudah tiba di Timika untuk selanjutnya di rawat di Rumah sakit Mimika, “Jelas Kamal.

Ramli NR merupakan satu dari puluhan warga sipil yang menjadi korban kejahatan KKB di Papua.

Baca JugaKapolda Papua Ajak Warga Intan Jaya Tolak Keberadaan KKB

Dari data yang dikeluarkan Polda Papua, selama 2020, KKB beraksi sebanyak 49 kali di tujuh kabupaten.

Yang terbanyak terjadi di Intan Jaya sebanyak 23 kali, lalu Mimika 9 kali, Nduga 8 kali, Pegunungan Bintang 6 kali dan Keerom 1 kali.

Dari aksi-aksi tersebut, total ada 17 orang yang tewas karena ulah KKB. 12 orang diantaranya merupakan warga sipil, 4 anggota TNI dan 1 polisi. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here