Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Lanny, Jaya Tan Wanimbo S. Sos. M.Si (tengah)/ ist

Tiom, Topikpapua.com, – Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya, lewat Dinas Pendidikan dan Pengajaran,  Senin (12/04/21) resmi mengumumkan hasil seleksi dan mengontrak 500 guru Asli Orang Lanny Jaya sebagai tenaga Guru.

Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabpaten Lanny Jaya, Tan Wanimbo S.Sos. M.Si mengaku kebijakan tersebt diambil sebagai bentuk perhatian Pemkab Lanny jaya terhadap dunia pendidikan dan mengatasi pengangguran bagi anak asli Lanny Jaya.

“Hari ini kami Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Lanny Jaya mengumumkan hasil seleksi guru kontrak Orang Asli Lanny Jaya (OAL) dan ada sekitar 500 yang lulus. Meeka akan ditempatkan di 69 SD dan154 TK/Paud di Kabupaten Lanny Jaya,”Ungkap Tan Wanimbo, Senin (12/4/21)

Baca Juga : Atasi Pengangguran dan Bangkitkan Pendidikan, 400 Lebih Guru Asli Lanny Jaya Dikontrak

Menurut Wanimbo kebijakan mengontrak anak asli lanny jaya sebagai tenaga guru merupakan gagasan dari Bupati Lanny Jaya, Befa Yigibalom SE. M.Si yang menginginkan ada peningkatan mutu di dunia pendidikan.

“ Kebijakan ini s esuai dengan visi Bupati Lanny Jaya, yakni pendidikan sangat penting dan menjadi perioritas utama apalagi saat ini regenerasi guru sangat kurang, maka ada kebijakan rekrut anak asli Lanny Jaya dan di tempatkan di kampung atau distrik asal mereka, “Jelasnya.

Tan Wanimbo menambahkan para guru yang direkrut berasal dari 39 Distrik, 353 Kampung dan 1 Kelurahan yang ada di Lanny Jaya.

“Karena dilihat dari kondisi dilapangan memang semua sekolah tingkat SD dan TK/Paud mengalami kekurangan guru, sehingga dengan kebijakan ini, kami sangat tertolong karena dimasing-masing sekolah ada penambahan guru,”bebernya.

Kedepan pihaknya akan melakukan pelatihan kepada guru kontrak asli Lanny Jaya yang telah diterima. Karena tidak semua guru yang dikontrak berlatar belakang memiliki ilmu keguruan sehingga sangat perlu diberikan pelatihan.

“Yang memiliki ilmu keguruan hanya ada 60 orang lebih, sisanya serjana umum sehingga diperlukan pelatihan yang nantinya kita latih selama sebulan lebih,”Ungkap Wanimbo.

Dinas Pendidikan Lanny Jaya nantinya akan bekerja sama dengan pihak yang berkompeten dalam memberikan pelatihan  membina guru menjadi lebih baik.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Bupati Lanny Jaya atas kebijakan dan juga kepedulian pendidikan dan juga anak asli Lanny Jaya. Saya merasa bahwa untuk mengangkat guru kontrak asli daerah adalah Kabupaten Lanny Jaya yang terbanyak dan pertama adalah di Lanny Jaya,”Jelas Wanimbo.

Mantan Kadis PU Kabupaten Lanny Jaya ini pun berharap kepada guru-guru kontrak asli Lanny Jaya harus bekerja dengan baik ,”Jaga kebijakan ini agar kita anak Lanny Jaya itu tidak dianggap tidak mampu dan tidak dapat menjalankan tugas, mari kita buktikan bahwa kita bisa, kalau bukan adik-adik siapa lagi, kalau bukan anak Lanny Jaya siapa lagi, “ Pungkas Tan Wanimbo. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here