Polres Yahukimo Keluarkan DPO Pelaku Pembunuhan Hendry Jovinski

oleh
Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw saat menunjukkan gamabar DPO Kasus Pembunuhan Hendry Jovinski / ist

Dekai, Topikpapua.com, – Polres Yahukimo resmi mengeluarkan Daftar Pencarian Orang (DPO) pelaku yang di duga kuat sebagai pembunuh Hendry Jovinski, Staf KPU Yahukimo.

“ Hari ini secara resmi Polres Yahukimo mengeluarkan surat DPO atas nama, Ananias Yalak alias Senat Soll, Terduga pelaku pembunuhan saudara Hendry Jovinski pada tanggal 11 agustus lalu, “Kata Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw saat menggelar Pres con di Polres Yahukimo, Jumat (28/08/20).

Menurut Kapolda, untuk kasus pembunuhan Hendry memang sampai saat ini pihaknya belum menetapkan tersangka karena belum tertangkap, namun sudah ada indikasi kuat terhadap pelaku Ananias Yalak alias Senat Soll.

“ Penetapan DPO terhadap Ananias Yalak alias Senat Soll ini berdasarkan keterangan dari saksi KM, baik itu  ciri-ciri pelaku pembunuhan dan juga barang bukti yang kami dapatkan dari hasil penyisiran di Dekai, “Jelas Kapolda.

Dijelaskan Irjen Paulus, dari hasil olah TKP dan keterangan saksi telah cukup bukti yang mengarah kepada Ananias dan di perkuat dengan reposisi oleh Dir Krimum Polda Papua, jajaran Satuan Reskrim Polres Yahukimo dan dibackup jajaran Intelkam Polda Papua dan Intelkam Polres Yahukimo.

Diakui Kapolda bila ketiga kasus pembunuhan sadis yang terjadi dalam dua pekan terakhir di Dekai memiliki hubungan.

“ Hingga kini Penyidik Polres Yahukimo masih mendalami keterangan dari saksi-saksi, dugaan sementara kasus kedua yang terjadi pada tanggal 11 Agustus 2020 dan kasus ketiga tanggal 26 Agustus 2020 yang berlokasi dekat lokasi kasus pertama merupakan ikutan atau dilakukan untuk mengabaikan kasus pertama, namun kasus pertama merupakan kasus yang Utama, “Beber Kapolda.

Sementara itu, menangapi penetapan DPO kepada Ananias yang diketahui adalah mantan anggota TNI, Kasdam XVII Cenderawasih, Brigjen Bambang Trisnohadi mengatakan pihaknya siap membantu Polda Papua untuk mengungkap kasus ini.

“Memang tersangka utama merupakan pecatan anggota TNI atas kasus penjualan amunisi, dan yang bersangkutan telah diproses secara hukum dan dipecat. Kami dalam hal ini TNI siap mendukung Polri dalam mengungkap kasus ini, karena atas kasus ini mengganggu kondusifitas masyarakat Yahukimo, kami jajaran TNI yang ada di Yahukimo siap membantu Polri, “Tegas Brigjen Bambang.

Sebelumnya telah di beritakan topikpapua.com, bila dalam dua pekan terakhir terjadi tiga kasus pembunuhan sadis di distrik Dekai, ibukota kkabupaten Yahukimo.

Pembunuhan pertama terjadi pada tanggal 11 agustus, bertempat di Kali T, dengan Korban Henry Jovinski, (25), Staff KPU Kabupaten Yahukimo.

Pembunuhan kedua terjadi pada tanggal 20 Agustus 2020, bertempat di Jalan Bandara Nop Goliat, dengan korban Muhammad Thoyib, (39) Tukang Meubel.

Pembunuhan ketiga terjadi pada tanggal 26 Agustus 2020, bertempat di Jembatan Kali Buatan, Jalan Gunung, dengan korban Yauzan Alias Ocang (34), tukang antar batako. (Redaksi Topik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.