Pemda Tolikara Kirim 26 Calon Mahasiswa Lanjutkan Studi di IT DEL Sumut

0
Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tolikara Michael Ury Rapang, S.IP, ketika berpose bersama 26 mahasiswa usai acara pelepasan secara simbolis terhadap 26 putra-putri Tolikara yang akan melanjutkan studinya ke IT DEL/Irf

Jayapura, Topikpapua.com –  Sebanyak 26 orang calon mahasiswa di kirim Pemerintah Kabupaten Tolikara, untuk melanjutkan studinya di  Del Institute of Technology Sumatera Utara.

Mereka, dilepas langsung, Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo, SE, M.Si, di Kantor Perwakilan Kabupaten Tolikara, Jalan Yabaso, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (23/7/20).

Bupati Usman Wanimbo mengatakan, ke-26 calon mahasiswa asal Tolikara ini, merupakan putra dan putri Asli Papua terpilih. Mereka akan melanjutkan studinya untuk mengejar Diploma Empat (D4) Program Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Orang Asli Papua (OAP) tahun  2020.

“Jadi hari ini kita melepas putra dan putri terbaik asal Tolikara untuk mendapatkan ilmu di Toba Samosir,  dengan harapan jika Ingin sukses belajarlah dengan sungguh-sungguh ketika sudah berada di IT DEL, “ kata Usman Wanimbo.

Ia mengatakan Kabupaten Tolikara, pengiriman calon mahasiwa ini sebagaimana MoU Kabupaten Tolikara dengan Yayasan  IT DEL sejak 2016 lalu.

Dimana sejak tahun tersebut, Kabupaten Tolikara telah melahirkan beberapa lulusan dari yayasan tersebut. “Jadi dari tahun pertama, tahun kedua dan ketiga semuanya sudah selesai serta sukses. Buktinya adalah pak Kogoya ini yang merupakan senior adik-adik yang akan melanjutkan kuliah di IT DEL,” kata Politisi Demokrat ini.

Bupati berpesan, agar calon mahasiswa ini dapat menyelesaikan studinya selesai tepat waktu, sehingga dapat diberdayakan dan menjadi putra dan putri terbaik dengan keahlian sebagaimana diperoleh saat menempuh Pendidikan di Toba Samosir.

“Pemerintah berharap, mereka ini dapat kembali ke Tolikara untuk membangun Kabupaten Tolikara, dan membangun kabupaten kita,” jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Tolikara, Michael Ury Rapang, S.IP mengatakan setelah pelepasan, 26 calon mahasiswa asal Tolikara ini ,diberangkatkan pada hari Kamis (23/7) dan akan tiba di Kabupaten Toba Samosir keesokan harinya.

“Mereka akan menempuh pendidikan di Institut Teknologi (IT) DEL dengan satu Program Studi yaitu Program Teknologi Komputer,” jelasnya.

Ia menyebut semua akomodasi termasuk asrama selama studi telah di siapkan oleh pemerintah, termasuk orang tua asuh selama menempuh pendidikan disana.

Michael menyebutkan, sebanyak 26 putra-putri asli Kabupaten Tolikara yang diberangkatkan ke IT DEL ini didampingi satu orang senior sebagai pendamping saat mereka berada disana.

“Pemerintah berharap mereka dapat belajar dan menguasai teknologi komputer sesuai dengan bidang atau jurusan yang mereka geluti nanti saat menempuh pendidikan disana,” tukasnya. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here