Sekretaris Partai Demokrat Papua, Boy Markus Dawir / Nug

Jayapura, Topikpapua.com,  –  Sekretaris Partai Demokrat Papua, Boy Markus Dawir mengaku optimis dua nama Cawagub Papua yang di pilih oleh Gubernur Lukas Enembe dan telah di setujui oleh lima parpol koalisi akan melenggang mulus hingga ke DPRP.

Menurut Boy, ada kekosongan ruang hukum dalam pasal 176 UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilukada yang tidak mengatur soal kesepakatan semua parpol pendukung untuk harus sepakat atas dua nama.

Baca Juga : Mathius Awoitauw : Nama Cawagub Papua Harus Atas Persetujuan DPP

Boy meyakini ketidak-satuan suara dalam koalisi, bukan menjadi patokan dua nama pilihan Gubernur Enembe akan tersendat rekomendasi parpol tingkat DPP atapun mentok ditengah jalan.

“Jika memang didalamnya hanya ada 5 parpol yang setuju, ya tidak ada persoalan. hasil itu bisa saja dibawa ke DPRP sebab tidak ada ketentuan UU di pasal 176  yang menjelaskan harus lengkap 9 parpol baru bisa dibawa ke DPRP,” kata Boy Dawir kepada Redaksi Topik, Kamis (19/08/21).

Baca Juga : Polemik Cawagub Papua, Befa Yigibalom : Gubernur Tidak Bijak..!

Boy Dawir mengatakan, politik ini bicara kepentingan. Jika kepentingan itu sudah terakomodir, lantas kenapa tidak semua parpol mendukung? Menurutnya mustahil bagi DPP Parpol akan ingkar dengan Lukas – Klemen yang notabene sudah berkoalisi permanen sejak 5 tahun lalu.

“Jadi apakah itu memang DPP yang perintah? saya pikir ini multitafsir sehingga menurut saya tidak ada yang tak bisa diselesaikan lah, beda pendapat ya sah sah  saja, tapi belum tentu itu menghalangi proses yang ada,” kata pria yang akrab disapa BMD ini.

Baca Juga : Rapat Penentuan Dua Nama Cawagub Papua Berjalan Alot, Ini Sebabnya..

Boy pun memberi sinyal, dalam waktu yang tidak lama 3 parpol dari 4 parpol yang masih dalam tahapan konsultasi ke DPP alias belum setuju dengan keputusan Gubernur Enembe, akan merapat dan mendukung dua nama tersebut.

Tentunya, Demokrat dan Hanura akan merangkul parpol-parpol tersebut dengan komunikasi politik yang lebih elegan. “Komunikasi-komunikasi politik itu terus kita lakukan, kita juga mau bertahan untuk apa? sekarang ini kita dukung Gubernur Enembe untuk kepentingan rakyat Papua,” katanya.

Baca Juga : Partai Demokrat Calonkan Yunus Wonda Sebagai Wagub Papua

Saat ini kata Boy, 5 partai yang menyetujui Yunus Wonda dan Kenius Kogoya sudah melakukan komunikasi dengan setiap DPP nya untuk diminta di SK-kan.

“Nah besok (hari ini) ada tiga Ketua DPD dari PAN, Nasdem, dan PKS meminta ketemu dengan Pak Gubernur untuk berkonsultasi, ya kalau nantinya jika komunikasi ini deal saya pikir sudah aman,” Pungkas Boy. (Redaksi Topik)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here