Anggota PPM Mako Provinsi Papua dan simpatisan saat membagikan bendera merah putih kepada warga di daerah hamadi pantai / TC

Jayapura, Topikpapua.com, – Dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 76, Pemuda Panca Marga (PPM) Markas Komando Provinsi Papua melakukan kegiatan aksi cinta tanah air, dengan menyebarkan 1000 bendera Merah Putih di lima distrik yang ada di Kota Jayapura.

PPM menyasar titik-titik pemukiman masyarakat, mulai dari Distrik Jayapura Selatan, menuju Jayapura Utara, Heram, Waena dan Koya.

“Kami melihat tidak semua rumah di kota jayapura memasang bendera Merah Putih, jadi inilah yang memacu kita untuk membagikan serta memasang langsung disetiap rumah, dengan harapan dapat membangkitkan semangat kemerdekaan masyarakat di Kota Jayapura walaupun saat ini kita sedang menghadapi pandemi Covid-19,” kata Boy Dawir kepada wartawan, Jumat (13/08/21).

Menurut Boy Dawir,  gerakan bendera Merah Putih tersebut merupakan kegiatan rutin yang PPM sejak dua tahun terakhir.  Hal ini, katanya guna membangkitkan semangat  nasionalisme seluruh masyarakat Indonesia khususnya kota Jayapura.

“Memang dimasa Pandemi ini kita tidak dapat membuat kegiatan yang meriah, namun dengan tetap menjaga prokes kita juga bisa membuat kegiatan yang positif untuk menyambut ulang tahun negara kita,” kata Boy.

Terkait sasaran pembangian bendera Merah Putih ini, menurut Boy Dawir lebih kepada masyarakat, sehingga tim PPM turun langsung ke lokasi membangikan bendera.

“Utamanya itu rumah masyarakat, jadi kalau ada rumah masyarakat yang tidak dipasang bendera kita bantu tancapkan tiang sekaligus bendera,” jelas Boy.

“Jadi ini juga menjadi bagian dari kami anak-anak pejuang Veteran untuk berkontribusi, apapun kegiatan positif akan kita lakukan itu,” jelasnya.

Ditempat berbeda, Ketua Deparda PPM Kota Jayapura Niko Mauri mengatakan gerakan pembangian bendera merah putih sebagai bagian untuk membangkitkan semangat kemerdekaan jelang HUT RI ke-76

“PPM dan Barisan Merah Putih sebagai komponen anak bangsa harus membagikan semangat kemerdekaan,” kata Pria yang juga selaku Ketua Barisan Merah Putih Kota Jayapura ini.

Ia menambahkan pembagian dan pemasangan Bendera Merah putih tersebut dimulai dari ujung Hamadi Pantai, Distrik Jayapura Selatan, Hingga di Dok VIII dan Waena dan berakhir di Tugu Marthen Indey. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here