Kondisi Aipda Jhonatan Bangun saat dirawat di RSUD Lanny Jaya / ist

Timika, Topikpapua.com, – Seorang anggota polres Lanny Jaya, Aipda Jhonatan Bangun menjadi korban percobaan perampasan senjata api oleh dua pemuda di kabupaten lanny jaya papua. Walau sempat di aniaya, namun Aipda Jhonatan berhasil melumpuhkan salah satu korban dengan tembakan di kaki.

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri mengatakan aksi percobaan perampasan senjata milik anggota kepolisian di kabupaten lanny jaya terjadi pada Selasa pagi.

“Kejadiannya itu selasa pagi sekitar pukul 06.00 wit, jadi saat itu anggota ini dari Tiom mau pergi ke Wamena dengan sepeda motor, “Ungkap Irjen Fakhiri kepada Redaksi Topik, Rabu (05/05/21).

Baca Juga : Kapolda Ungkap Alasan KKB Membakar Sekolah dan Puskesmas di Ilaga

Diuraikan Kapolda, Saat melintas dengan sepeda motor nya di jalan trans kimbim, distrik Hubikosi, tepatnya saat hendak melintasi jembatan, tiba-tiba korban di hadang oleh dua orang pemuda.

“Karena merasa terancam, anggota kita lantas mengeluarkan tiga kali tembakan peringatan kepada kedua pemuda tersebut, namun mereka tetap menyerang korban dengan menggunakan parang dan balok, “Jelasnya.

Untungnya saat itu Aipda Jhonatan menggunakan rompi, sehingga tikaman kearah perutnya tidak berakibat fatal.

Karena terdesak, Aipda Jhonatan lantas melumpuhkan salah satu pemuda yang menyerang dengan tembakan di bagian kaki.

Mengetahui rekannya tertembak, pelaku lainnya lantas melarikan diri ke arah hutan.

Baca Juga : Paska Ditetapkan sebagai Kelompok Teroris, KKB Kembali Bakar Sekolah dan Puskesmas di Ilaga

Aipda Jhonatan sendiri berhasil dievakuasi setelah polres lanny jaya mendapat laporan dari sopir trans papua yang sempat melintas di lokasi kejadian.

“Jadi paska kejadian itu ada mobil yang melintas di TKP, sopir lantas melaporkan kejadian ke polres Lanny Jaya, sehingga anggota cepat mendatangi TKP dan mengevakuasi  korban dan pelaku, “Ujar Fakhiri.

Akibat peristiwa ini, Aipda Jhonatan mengalami luka lebam di sekuyur tubuh akibat benturan benda tumpul, saat ini baik Aipda Jhonatan dan pemuda yang tertembak sedang dirawat di rumah sakit daerah Lannya Jaya.

“ Saya meminta kepada seluruh personil TNI-Polri yang bertugas di daerah pegunungan Papua agar lebih waspada saat melakukan aktifitas di tempat terbuka, kalau ingin berpergian sebaiknya menggunakan mobil agar terhindar dari aksi kekerasan, “Pungkas Kapolda. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here