Bentangan bendera merah putih sepanjang 700 meter di atas bukit Tungkuwiri / @pacekreatif

Jayapura, Topikpapua.com, –  Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan suatu tempat wisata dimasa perayaan HUT RI, Salah satunya dengan membuat konten video.

Seperti  yang di lakukan oleh lima anak muda yang tergabung dalam kelompok pace kreatife yang membuat video pembentangan bendera sepanjang 700 meter di atas Bukit Tungkuwiri, Kampung Doyo Lama, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Papua.

Video tersebut kemudian viral setelah diunggah melalui instagram oleh akun @pacekreatif.

Dalam video berdurasi 46 detik tersebut, tampak pembentangan bendera dilakukan di sepanjang puncak bukit dengan pemandangan Danau Sentani di bagian bawahnya.

Billy Tokoro, salah satu dari lima pemilik akun @pacekreatif, menjelaskan, video tersebut dibuat bersama empat temannya, Ricky, Barce Rumkabu, Jery Itlay dan Tedy Pikei, untuk memeriahkan HUT RI ke-76 sekaligus untuk mempromosikan tempat wisata bukit Tungkuwiri.

“Itu bendera 700 meter, hari minggu baru di pasang dan videonya diunggah Senin (16/8/2021),” ujar Billy saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (16/08/21).

Menurut dia, lokasi pembentangan bendera tersebut merupakan objek wisata yang sebelumnya dikenal dengan nama Bukit Teletubies, tetapi oleh warga setempat namanya dikembalikan ke nama aslinya, Bukit Tungkuwiri.

“Kita dengan momen ini kita mau kasih tahu kalau Papua punya tempat wisata yang indah, jadi momen ini bisa sekalian jadi promosi wisata yang masyarakat punya,” kata Billy.

Seorang bocah saat menikmati indahnya pemandangan Bentangan bendera merah putih sepanjang 700 meter di atas bukit Tungkuwiri / @pacekreatif

Menurut Billy, Pace kreatif hanya melakukan pendokumentasian foto dan video, sedangkan pembentangan benderanya dilakukan oleh masyarakat setempat.

“Kami bantu dokumentasi saja, kebetulan teman ini Sekretaris Kampung Doyo Lama,” sambungnya.

Mengenai sisi nasionalis @pacekreatif, Billy menegaskan bila ia dan teman-temannya tidak pernah mau disangkutkan dengan kepentingan politik mana pun.

Karenanya pada keterangan tertulis yang dibuat dalam akun tersebut, mereka menegaskan hanya ingin membantu masyarakat, khususnya untuk daerah-daerah yang memiliki potensi wisata.

“Saya ada tulis caption ‘Kiitong mau Kalau Indonesia Tangguh masyarakat sejahtera’ itu saja, kita tidak bilang kita ke kanan atau ke kiri, kita hanya bisa berkarya saja,” kata dia.

Lanjutnya, Setiap karya yang kita buat, kita hanya melihat masyarakat, orang Papua, dampak apa yang mereka rasakan.

Menurut Billy, sudah ada beberapa tempat wisata yang mereka bantu viralkan dan kini cukup ramai dikunjungi wisatawan.

Salah satunya adalah Kampung Yoboi yang merupakan tempat tinggal dari Billy sendiri.

‘’Kita biasa jalan ke tempat wisata lalu angkat dia, termasuk Kampung Yoboi itu begitu,” kata Billy.

Selain itu, Billy dan teman-temannya juga melihat momentum jelang PON menjadi saat yang tepat menbuat promosi wisata melalui media sosial.

“Ini mau PON, dengan momentum ini orang lebih banyak tahu ada objek wisata di sekitar venue,” Pungkas Billy. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here