Bendera Setengah Tiang untuk ‘Sang Jenderal’

1
Bendera merah putih dikibarkan setengah tiang / ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Kepergian Letjen Herman Asaribab meninggalkan duka mendalam bagi masyarakat Papua. Letjen Herman adalah salah satu putra terbaik Papua yang dipercayakan negara menjabat Wakasad.

Sebagai bentuk rasa duka dan penghormatan atas kepergian Letjen Herman, Pemerintah Provinsi Papua mengeluarkan surat edaran yang isinya ditujukan kepada seluruh SKPD di Papua baik vertikal maupun otonom, kepada para Bupati/Walikota dan pimpinan BUMN maupun BUMD di Provinsi Papua untuk memasang bendera merah putih setengah tiang.

Baca JugaPapua Berduka : Wakasad Letjen TNI Herman Asaribab Meninggal Dunia

Surat edaran Nomor : 004/21135/SET yang ditandatangani oleh Plh Sekda Papua tersebut bertuliskan ;

“Sehubungan dengan meninggal dunia wakil kepala staf angkatan darat yang adalah putra terbaik Papua (LETJEN TNI HERMAN ASARIBAB) pada hari senin tanggal 14 Desember 2020, maka sebagai bentuk belasungkawa, dihimbau untuk mengibarkan bendera merah putih setengah tiang, selama satu minggu, mulai pada tanggal 15 sampai dengan tanggal 21 Desember 2020”

Surat edaran himbauan menaikkan bendera merah putih setengah tiang dari pemerintah provinsi papua / ist

Letjen TNI Herman Asaribab dinyatakan meninggal dunia di RSPAD Gatot subroto, pada hari senin 14 Desember 2020, sekitar pukul 13.40 Wib, karena sakit.

Selasa siang, sekira pukul 11.40 wit Jenasah Letjen Herman tiba di bandara sentani jayapura dan disambut dengan upacara militer.

Upacara penyambutan jenasah di pimpin langsug oleh Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, di Apron 1 Bandara Sentani Jayapura.

Upacara yang berlangsung Hikmat tersebut di hadiri oleh Forkompinda Papua, diantaranya Kapolda Papua, Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, Kasdam XVII/Cenderawasih, Brigjen Bambang Trisnohadi, Danlanud Silas Papare, Marsma TNI Dr. Budi Achmadi, Asisten 3 Provinsi papua, DR. Muhammad Ridwan Rumasukun, Ketua MRP Provinsi Papua, Thomas Albano Balda, Ketua DPRP provinsi Papua, Jhony Banua Rouw, Kejati Provinsi Papua, Nikolous Kondomo, Bupati Jayapura, Matius Awoitauw dan sejumlah pejabat tinggi lainnya.

Prosesi upacara Militer penyambutan jenasah Alm. Letjen TNI Herman Asaribab di bandara sentani / ist

Kapendam XVII/Cenderawasih, Letkol Arm Reza Nur Patria mengatakan, Jenazah Alm Letjen TNI Herman Asaribab diterbangkan dari Jakarta dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA-650 dan tiba di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura pada Selasa (15/12) Pukul 11.40 WIT.

“Setelah dilaksanakan upacara penyambutan, jenazah Alm Letjen TNI Herman Asaribab dibawa ke rumah duka di Perumahan Pemda II blok G 20, jln Cigombong, Kotaraja Dalam, “Kata Letkol Reza kepada Pers usai upacara penyambutan jenasah, Selasa (15/12/20).

Menurut Letkol Reza, direncanakan esok, Rabu 16 Desember 2020, jenazah Alm. Letjen Herman akan dibawa menuju Kodam XVII/Cenderawasih untuk dilakukan upacara pelepasan dan akan di makamkan dengan Tata Upacara Militer di TMP Kusuma Trikora, Waena Jayapura.

“Rencananya upacara pemakaman akan dipimpin oleh Koordinator Staf Ahli Kepala Staf TNI AD, Letnan Jenderal TNI Ali Hamdan Bogra,”pungkas Kapendam. (Redaksi Topik)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here