Bupati Befa Yigibalom saat menyampaikan pandangannya terkait pembangunan Papua pada acara peluncuran buku Gubernur Papua Lukas Enembe yang berjudul Membuat Lurus Soal Otsus yang dilaksanakan secara virtual, Senin (26/07/21) / ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Ketua Asosiasi Bupati Pegunungan Tengah Papua, Befa Yigibalom meminta Pemerintah Provinsi Papua dan DPR Papua agar tidak melupakan pembangunan di Kabupaten Yahukimo dan Pegunungan Bintang (Pegubin).

Hal tersebut disampaikan Befa saat acara peluncuran buku Gubernur Papua Lukas Enembe yang berjudul Membuat Lurus Soal Otsus yang dilaksanakan secara virtual, Senin (26/07/21).

Baca Juga : Befa Yigibalom : Lukas Enembe Gubernur Sah Hingga Tahun 2023, Tidak Perlu Demo..!

Menurut Befa yang juga menjabat Bupati Lanny Jaya, selama kepemimpinan Gubernur enembe yang sudah memasuki periode kedua dan menyisakan dua tahun, terkesan melupakan pembangunan di Kabupaten Yahukimo dan Pegunungan Bintang, padahal selama ini masyarakat Yahukimo dan Pegubin telah memberikan suara yang sangat besar pada pemilu pemilihan Gubernur Papua.

” Sebagai Ketua Asosiasi Bupati Pegunungan Tengah Papua saya lihat dari perjalanan kepemimpinan Pak Lukas ini seluruh daerah pedalaman sudah dibangun dengan infrastruktur, namun untuk Kabupaten Yahukimo dan Pegubin yang adalah basis suaranya  dan dukungan rakyat jelas selama  tiga kali Pak Lukas maju sebagai Gubernur sampai jadi Gubernur diperiode kedua ini  Yahukimo dan Pegubin terlupakan,”Ungkap Befa pada acara virtual tersebut.

Baca Juga : Bupati Befa : Demo Tolak Otsus di Lanny Jaya Rekayasa

Oleh sebab itu Bupati Befa meminta disisa kepemimpinan Gubernur Papua Lukas Enembe dapat mengalokasikan anggaran untuk pembangunan di Kabupaten Yahukimo dan Pegunungan Bintang.

“Mulai anggaran tahun ini hingga masa kepemimpinan Pak Lukas berakhir di Tahun 2023 saya harap bisa hubungkan jalan-jalan mulai dari Dekai ke Wamena dan juga dari Wamena menuju Kurima, Ninia, Lolat, Sobaha dan terus ke Anggruk ini harus dihubungkan begitu juga Pegunungan Bintang harus terhubung,”bebernya.

Baca Juga : Pemkab Lanny Jaya Siapkan 12 Milyar Biayai Honor 500 Guru OAL

Menurut Befa, Hal ini harus dilakukan sebagai bentuk balas budi kepada masyarakat Yahukimo dan Pegubin mulai dari masa pencalonan Gubernur Papua Lukas Enembe hingga menjadi Gubernur dua periode masyarakat dengan jiwa raga mendukung Bapak Lukas Enembe.

“Pak Gubernur jangan lupakan Yahukimo dan Pegubin itu adalah utang suara rakyat. Isolasi antar Kabupaten dan antar distrik harus dibuka, mulai dari masa Bupati Ones hingga Bupati Abock Kabupaten Yahukimo tidak pernah tersentuh, begitupua dengan Pegubin,”Pungkas Befa. (Redaksi Topik)

1 KOMENTAR

  1. DANA OPTUS 80 TURUN KABUPATEN JADI PARA BUPATI DANA ITU BIKIN ,TDK SALAHKAN GUBERNUR KARENA 80(% DAPAT DIKABUPATEN HANYA 20% DIPROVINSI KD BUPATI HARUS PAHAM BAGIAN INI MKSH5

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here