Sejumlah Tokoh di Papua Dukung Irjen Fakhiri Maju Gubernur Papua

oleh

Jayapura, Topikpapua.com, – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen Mathius D. Fakhiri mendapatkan dukungan beberapa tokoh untuk kemajuan Bumi Cenderawasih ke depan. Para tokoh meyakini sosok Fakhiri dapat bekerja untuk masyarakat Papua.

Hal ini menyusul pernyataan Irjen Fakhiri yang menegaskan siap maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Papua 2024.

Seperti yang disampaikan Ketua Dewan Adat Keerom,Jack Mekawa. Sebagai tokoh adat, ia memandang sosok Fakhiri adalah pemimpin yang mampu bekerja, pemberani, jujur, bisa membawa perubahan, dan bertangung jawab. Hal itu disebut terlihat selama beliau menjabat sebagai Kapolda Papua.

“Saya memandang beliau adalah sosok yang bertanggung jawab. Bahkan selama menjadi Kepolda beliau termasuk berhasil menjaga Papua tetap aman,” kata Jack di Kabupaten Keerom, Rabu (5/6/2024).

Salah satu contoh nyata, ujar Jack, saat beliau turun langsung bersama anggotanya untuk menjemput jenazah almarhum mantan Gubernur Papua Lukas Enembe di Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura meskipun saat itu situasi bisa dibilang kurang kondusif.

“Itu satu keputusan luar biasa yang beliau ambil. Walaupun situasi saat itu kurang kondusif tapi sebagai pemimpin, beliau memutuskan untuk turun langsung. Tidak semua pemimpin memiliki jiwa seperti beliau,” tegasnya.

Menanggapi itu, Jack Mekawa mengatakan jika nantinya Irjen Fakhiri benar-benar menyatakan diri untuk maju dalam bursa Pilgub Papua serentak 2024, maka akan banyak yang mendukung sang jenderal bintang dua tersebut, termasuk dirinya.

“Bagi saya tidak ada hambatan ketika beliau memiliki rencana untuk maju dalam pesta demokrasi nanti. Saya dewan adat bersama seluruh masyarakat Keerom bersedia mendukung beliau,” katanya.

Hal senada disampaikan Tokoh pemuda Keerom, Christian May. Ia mengatakan secara pribadi menilai sosok Irjen Fakhiri adalah pemimpin hebat yang memiliki banyak prestasi baik di bidang olahraga maupun kepolisian.

“Bagi saya Itu sangat luar biasa,” kata Christian.

Selain itu ujar ia, jarang ada sosok pemimpin yang mau memberikan ruang se luas-luasnya bagi generasi muda di Tanah Papua dalam bekerja, khsusnya menjadi anggota Polri.

“Itu saya berikan apresiasi dan salut terhadap langkah yang diambil Irjen Fakhiri,” ujarnya.

Christian menegaskan Irjen Fakhiri adalah sosok pemimpin yang ditunggu-tunggu masyarakat, khususnya generasi muda.

“Kalau memang beliau nantinya mendapat dukungan dari partai politik untuk maju di Pilkada 2024, secara pribadi pasti akan mendukung,” tegasnya.

“Pak Fakhiri adalah orang baik dan salah satu anak Papua yang memiliki prestasi sehingga bisa dikatakan putra terbaik untuk Papua,” sambung Christian.

Sebelumnya, beberapa tokoh juga menilai Irjen Fakhiri merupakan sosok calon pemimpin masa depan Papua. Seperti yang disampaikan Ketua Barisan Merah Putih Republik Indonesia, Max Abner Ohee.

“Intinya beliau sangat layak dan dibutuhkan, apalagi beliau dasarnya adalah seorang Polisi sehingga soal disiplin pasti ada. Dengan begitu pembentukan generasi Papua ke depan akan sangat baik di setiap bidang masing-masing,” tegasnya.

Dukungan juga sempat disampaikan oleh Ketua Kerukunan Keluarga Besar Ambai Serui, Kota Jayapura, Lukson Wanggai. Ia menilai Irjen Fakhiri sangat pantas dan layak untuk memimpin Papua ke depan.

“Kami mewakili masyarakat adat tentu sangat mendukung penuh. Kami mendukung karena kerja-kerja beliau sangat baik. Apalagi komunikasi antar kepolisian, pemerintah, masyarakat, adat dan agama selama ini berjalan baik dan kami sangat merasakan itu,” ujarnya. (Redaksi Topik) 

No More Posts Available.

No more pages to load.