Wow.., APBD Tolikara Tahun 2020 Sebesar Rp. 1,5 Trilyun

0
Sekreris Daerah Anton warkawani,SE membacakan Pidato Bupati Tolikara pada penutupan sidang paripurna penetapan nota keuangan APBD anggaran 2020 dan rancangan raperda tahun anggaran 2020 di Aula sidang DPRD Tolikara di Karubaga. / KT

Karubaga, Topikpapua.com, – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tolikara menetapkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2020 sebesar Rp. 1.567,361.949 (Satu Trilyun Lima Ratus Enam Puluh Tujuh Milyar tiga ratus enam puluh satu juta, sembilan ratus empat puluh sembilan rupiah. Anggaran ini meliputi dana perimbangan dan pendapatan daerah yang sah serta dana lainnya.

Sidang Paripurna di pimpin oleh ketua I Windua yikwa didampinggi wakil Ketua II Wes kogoya di gelar  di Aula Sidang DPRD Tolikra di Karubaga.

Ketua I, Windua yikwa menyampaikan bahwa DPRD Tolikara telah membahas materi persidangan nota keuangan APBD tahun anggaran 2020 dan RAPBD tahun anggaran 2020 serta Raperda Non APBD dengan  menghasilkan persetujuan DPRD yang dituangkan dalam keputusan DPRD Tolikara antara lain;

” Pertama persetujuan nota keuangan dan rancangan peraturan daerah anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2020 untuk ditetapkan menjadi peraturan daerah Kab. Tolikara. kedua persetujuan peraturan pemberdayaan dan perlindungan perempuan dan Ketiga persetujuan perlindungan anak serta. Keempat persetujuan kawasan tanpa rokok (KTR), ” Ungkap Windua.

Lanjutnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tolikara juga telah menyetujui semua rancangan materi dengan berbagai kritikan sumbang saran bahkan argumentasi pemyempurnaan materi. ” Karen itu apa yang sudah disetujui ini diharapkan kepada Eksekutif dapat melaksanakannya secara tepat sasaran, tepat waktu dan lebih penting lagi tepat pula laporan pertanggungjawabannya, ” Pintah Windua.

Mewakili semua anggota DPRD Tolikara Periode 2014 -1029, Windua juga memohon maaf kepada seluruh masyarakat Tolikara, bila dalam periode kepemimpinannya belum bisa memenuhi harapan rakyat Tolikara.

” Persidangan DPRD kali ini merupakan persidangan terakhir anggota DPRD Tolikara periode 2014-2019,  Karennya keputusan yang kami berikan ini merupakan keputusan terbaik untuk pemerintah dan masyarakat Tolikara, Kami juga menyampaikan permohonan maaf bilamana selama menjadi anggota DPRD Tolikara menjalankan tugas legislator tidak sesuai dengan harapan masyarakat yang diwakilinya, ” Beber Windua.

Namun demikian, Windua berharap apa yang telah di hasilkan oleh DPRD Periode lalu dapat berguna bagi Tolikara untuk membawa kesejahteraan bagi semua Masyarakat di Tolikara.

” Selama Periode kami DPRD yang lama, Ada beberapa keputusan –keputusan yang telah memberikan dampak positif, namun apabila apa yang kami buat tidak sesuai harapan masyarakat itu adalah kekurangan dan kelemahan kami Karena setiap manusia tidak luput dari kelemahan dan kekurangan, “Pungkasnya.

Sekreris Daerah Anton warkawani,SE bersama unsur pimpinan Ketua I windua yikwa dan ketua II Wes kogoya dan Anggota DPRD usai sidang penutupan paripurna penetapan nota keuangan APBD anggaran 2020 dan rancangan raperda tahun anggaran 2020 di Aula sidang DPRD Tolikara di Karubaga/ KT

Sementara itu Bupati Tolikara Usman G.Wanimbo,SE,M.Si dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah Anton warkawani,SE menyampaikan memberikan apresiasi tinggi kepada pimpinan dan segenap anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Tolikara periode 2014 – 2019 karena mendedikasikan segala kemampuan, waktu dan tenaga sehingga mampu merampungkan salah satu tugas utama Legislator ini dengan sukses dimana bersama – sama dengan eksekutif berhasil merumuskan berbangai peraturan Daerah.

” Salah satunya Legislatif bersama Eksekutif berhasil menghasilkan keputusan penting untuk mendorong penyelenggaraan system Pemerintahan Daerah Kabupaten Tolikara tahun anggaran 2020, ” Ungkap Sekda Anton.

Sekda Anton berharap, Berbangai Program strategis daerah yang telah dirumuskan mampu menjawab tuntutan dan kebutuhan penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan serta Pelayanan Kemasyarakatan guna mewujudkan Visi dan Misi Bupati Usman G.Wanimbo dan Wakil Bupati Dinus wanimbo.

” Dengan disetujuinya Rancangan Peraturan daerah ini tentunya akan dievaluasi untuk memperoleh persetujuan dari Gubernur Provinsi Papua dan selanjutnya ditetapkan menjadi Peraturan Daerah Perda Kabupaten Tolikara. Apabila proses ini tercapai baik maka pihak Eksekutif wajib mengimplementasikannya dengan memperhatikan azas efisiensi, efektifitas, ekonomis serta akuntabilitas, teransparansi dan partisipatif dengan memperhatikan kesepakatan – kesepakatan bersama antara eksekutif dan legislative, ” Beber Sekda.

Sekda Anton berharap kedepan semua kesepakatan yang sudah di putuskan bersama dalam sidang Paripurna ini dapat dengan baik dan benar di jalankan oleh OPD bersangkutan, termasuk upaya pemkab Tolikara meningkatkan PAD lewat pajak.

” Rancangan peraturan daerah terkait pajak dan retribusi telah dievaluasi perbaikannya. Karena itu Organisasi Peragkat Daerah OPD bersangkutan menjadwalkan penyampaian dan sosialisasi peraturan kepada masyarakat umum guna percepatan pelaksanaan di daerah, ” Pintah Sekda.

Mewakili Bupati, Sekda Anton juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang besar untuk anggota DPRD Tolikara periode 2014-2019 dan berharap kepada seluruh anggota DPRD yang baru agar melanjutkan kinerja positif serta meningkatkan diri serta menjalinkomunukasi yang baik dengan pihak eksekutif, sehingga tujuan bersama yakni meningkatkan kesejahteraan rakyat Tolikara di berbagai sektor bisaterealisasikan.

” Saya atas nama Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Tolikara menyampaikan terimakasih yang sebesar – besarnya atas budi baik dan bhaktinya saudara – saudara anggota DPRD Tolikara terhormat  “tak ada ganding yang tak retak”, kekurangan dan kesalahan adalah milik kita karena sempurna hanya milik Tuhan sendiri. Semoga Tuhan memberikan umur panjang dan mampu menekuni pekerjaan lain yang Tuhan percayakan sesuai dengan talentanya masing – masing tetapi juga diharapkan sukses memperjuangkan aspirasi masyarakat dalam bidang tugas lainnya, “Pungkas Sekda Anton. (Redaksi Topik/KT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here