Waspada..! Dua Kabupaten di Wilayah Lapago Sudah Terjangkit Covid-19

0
Jubir Covid-19 Papua, dr Silwanus Sumule / ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Hingga hari ini, Senin 13 April 2020 pukul 19.20 Wit, berdasarkan data dari Satgas Covid-19 Papua di laporkan Jumlah Komulatif kasus positif Covid-19 di Papua mencapai 67 Kasus.

Dari total 67 kasus tersebut, dilaporkan ada penambahan 6 kasus baru, yakni 1 kasus di kabupaten Merauke, 1 kasus di Kabupaten Jayapura, 1 kasus di Kabupaten Keerom, 1 kasus di Kabupaten Mamteng dan 2 kasus di Kabupaten Jayawijaya.

Juru bicara Satgas Covid-19 Papua, dr.Silwanus Sumule mengatakan dari 6 tambahan kasus baru, 3 kasus diantaranya berasal dari dua kabupaten baru, yakni kabupaten Jayawijaya dan membramo Tengah.

“ Saat ini Jumlah kabupaten yang masuk zona merah bertambah 2 yaitu kabupaten Jayawijaya ada temuan 2 kasus positif, kedua psien tersebut dalam kondisi sakit ringan sampai sedang dan 1 diantaranya tenaga dokter dan sedang diisolasi dan kabupaten membramo tengah 1 kasus positif, pasien saat ini di rawat di RS wamena, “Ungkap Sumule kepada pers, Senin (13/04/20).

Dengan tambahan dua kabupaten yang masuk zona merah ini Sumule berharap Pemerintah Daerah di dua kabupaten tersebut segera mengambil langkah strategis guna memutus penyebaran covid-19 di daerah tersebut.

“ Selama ini kita sudah usahakan agar covid-19 ini jangan sampai menjalar ke daerah pegunungan Papua, namun kita jebol untuk jaga pegunungan, “Kata Sumule.

Lanjutnya, “Kami meminta perhatian bagi pemerintah daerah di wilayah Lapago, agar segera melakukan surveilance dan pelacakan untuk menemukan kasus baru, dan bila temukan ODP segera rapid test, jika ada hasil yg positif segera hubungi kami di Provinsi agar kami bisa lanjutkan dengan PCR, “Beber Sumule.

Sumule juga berharap Kepada masyarakat di Papua yang pernah lakukan kontak dengan pasien positif mohon dengan sangat segera menghubungi petugas kesehatan agar bisa segera dilakukan langkah penanganan.

“ Silahkan kontak ke nomor ini 1500 671, nomor ini  24 jam online dan gratis, “Kata Sumule.

Sementara itu dari total 67 kasus positif covid-19 di Papua, hingga kini terdapat 46 pasien yang dalam perawatan, 15 pasien sembuh dan 7 pasien Meninggal Dunia.

“Jumlah kasus sembuh memang meningkat ya.., ada 15 kasus positif yang sudah sembuh, namun angka kematian kita termasuk timgi, yaitu 7 kasus, kalau kita persentasekan tingkat kematian kita mencapai angka 11,1 persen dan ini terbilang tinggi bila di banding daerah lain di Indonesia, “ Jelas Sumule.

Sumule juga membeberkan fakta bila Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) mengalami peningkatan yang sebelumnya 3143, pada hari ini ada tambahan 73 orang menjadi 3216 orang.

“ Selain ODP kita yang meningkat, PDP kita juga naik sebanyak 24 orang, sebelumnya PDP kita 59, saat ini ada 83 orang,”Kata Sumule.

Berikut Infografis Sebaran Covid-19 di Papua Tanggal 13 April 2020 :

(Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here