Waspada..! Covid-19 Sudah Masuk Mepago, Total Positif di Papua 89 Kasus

0
: Infografis penyebaran Covid-19 di Papua hingga 17 April 2020/ SC-19P

Jayapura, Topikpapua.com, – Penyebaran virus corona di Papua makin meluas, Data dari Satgas Covid-19 Papua di laporkan hari ini, Jumat 17 April 2020 di temukan 3 kasus positif baru di kabupaten Nabire Papua.

“Hari ini kita ada tambahan 9 kasus baru dan 3 kasus diantaranya berasal dari kabupaten Nabire, sehingga total kumulatif hingga Jumat 17 April 2020 jumlah pasien positif Covid-19 di Papua sebanyak 89 Kasus, “Ungkap Jubir Covid-19 Papua, dr.Silwanus Sumule kepada Pers, Jumat (17/04/20).

Dibeberkan Sumule 9 kasus baru tersebut berasal dari ; Kabupaten nabire (3 kasus), kabupaten jayapura (3kasus), Kota Jayapura (1 kasus) dan 2 kasus di Kabupaten Mimika.

“Kondisi ke-sembilan pasien baru ini semuanya dalam keadaan sakit ringan sampai sakit sedang, “Tambah Sumule.

Khusus untuk 3 pasien Positif di Kabupaten Nabire, Sumule mengaku hingga saat ini pihaknya belum mengetahui asal klaster penyebarannya, “ Masih kita Trace ya.., apakah yang dari lembang atau yang dari Gowa, atau merupakan penyebaran lokal, masih kita cari tau,”Jelas Sumule.

Hingga kini data yang di dapat di ketahui bila ke-Tiga pasien positif tersebut rata-rata berusia diatas 50 tahun, dan masih dalam keadaan sakit ringan sampai sakit sedang.

Sementara itu terkait kesiapan wilayah Mepago untuk menangani Pandemi Covid-19, menurut Sumule Pihaknya telah berkomunikasi dengan Rumah Sakit di Nabire untuk segera menyiapkan segala peralatan termasuk ruang isolasi.

“Salah satu dari tiga Rumah sakit rujukan di Papua yang di percayakan pemerintah pusat adalah rumah sakit umum di Nabire, karena fasilitasnya yang cukup lengkap, tenaga medis nya juga sudah cukup memadai, dan kita berharap mereka bisa menangani pandemi ini, “Jelas Sumule.

Lanjutnya, Rumah Sakit di Nabire itu dalam 4 tahun terakhir terus di berikan bantuan dari dana Otsus, makanya di jadikan salah satu Rumah Sakit rujukan untuk pasien Covid, “jadi mau siap atau tidak, suka atau tidak, kita harus siap untuk atasi Pandemi ini, “Tukas Sumule.

Nabire menjadi daerah ke sembilan yang masuk dalam zona merah pandemi Covid-19 di Papua.

Sementara itu selain bertambahnya jumlah pasien positif di Papua, di laporkan juga bila jumlah Pasien Dalam Perawatan (PDP) bertambah 1 kasus menjadi 101 orang. Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di laporkan berkurang sebanyak 13 orang dari 3.545 menjadi 3.532 kasus.

Kabar baik lainnya di laporkan ada dua pasien positif yang dinyatakan sembuh. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here