Warga Berlarian ke Lapangan Trisila Hamadi Saat Sirine Berbunyi Keras

oleh -239 Dilihat
Personel TNI AL saat evakuasi warga, korban bencana dalam simulasi mitigasi bencana alam/all

Jayapura, Topikpapua.com, -Warga Hamadi, Jayapura Selatan, berlarian ke Lapangan Trisila Hamadi, Kota Jayapura saat sirine berbunyi keras, Kamis (8/12/2022) pagi.

Mereka terlihat histeris ketakutan dan berusaha mencari bantuan. Tak lama kemudian personel gabungan TNI dan Polri, Basarnas, BPBD datang mengevakuasi warga dengan peralatan yang sudah disiapkan.

Ternyata, suasana mencekam itu merupakan skenario dari simulasi mitigasi bencana alam yang dilakukan Lantamal X Jayapura dari rangkaian apel gabungan kesiapsiagaan bencana 2022.

“Jadi tujuan simulasi ini agar ketika terjadi bencana alam, warga tidak mudah panik dan mereka juga tahu cara melakukan mitigasi penyelamatan diri serta pertolongan pertama ketika ada korban dalam becana alam,” kata Danlantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Feryanto Marpaung.

Menurut Danlantamal, simulasi bencana alam sangat penting untuk dilakukan secara berkala, khususnya di daerah-daerah rawan bencana.

“Yang pasti simulasi berkala dimaksud adalah sebagai suatu bentuk kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana yang berujung pada bencana. Urusan kesiapsiagaan bencana, merupakan komitmen bersama. Tak hanya menjadi urusan BNPB dan BPBD, atau TNI/PolrI. Tetapi melibatkan seluruh elemen masyarakat,” tegasnya.

Dari pantauan Topikpapua di lapangan, simulasi yang turut disaksikan Kepala BPBD Papua Wiliam Manderi, Kepala Basarnas Papua Sunarto,  melibatkan puluhan tim yang terdiri dari Lantamal X Jayapura, Basarnas, BPBD Papua, Kodim 1701/Jayapura, Polresta Jayapura Kota dan RAPI. (Alleya)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.