Wamen PUPR : Dana Bangun 3 Venue Baru PON XX Sebesar Rp.135 Miliar

0
Wamen PUPR, Jhon Wempi Wetipo saat mengunjungi Venue Aquatic / ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Wakil Menteri PUPR, Jhon Wempi Wetipo mengaku pemerintah pusat telah menggelontorkan dana sebesar 135  Milyar rupiah untuk membangun tiga venue untuk PON XX.

“Anggarannya sudah ada sebesar Rp135 miliar untuk pembangunan tiga venue yaitu venue Sepatu Roda, Panahan, dan venue Dayung,” kata Wamen Wempi saat mengunjungi Venue Aquatic di kampung harapan sentani, Jumat (07/02/2020).

Menurut Wamen Pengerjaan ketiga Venue tersebut sedikit terhambat karena menunggu intruksi Presiden.

“Pengerjaannya sambil menunggu Inpres, nah, Inpres yang baru ini kan sudah ada, maka akan dikerjakan dalam waktu dekat. Sebelumnya kan belum ada Inpres, jadi belum bisa dikerjakan. Kalau dipaksakan (sebelum adanya Inpres) akan bermasalah dikemudian hari,” ujarnya.

Dengan adanya Inpres tersebut, Wetipo berharap pembangunannya segera dilakukan sehingga sebelum pelaksanaan PON, tiga venue tersebut sudah selesai proses pembangunannya.

Instruksi Presiden (Inpres) No 1 tahun 2020 tentang Percepatan Dukungan Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional XVI Tahun 2020 di Provinsi Papua, yang di dalamnya mengatur pembangunan 3 venue baru untuk PON XX.

Inpres ini adalah penguatan terhadap Inpres No 10 Tahun 2017 tentang Dukungan Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional XVI Tahun 2020 di Provinsi Papua.

Wetipo juga menilai bahwa proses pembangunan beberapa venue seperti Aquatik dan Istora Papua Bangkit  pekerjaannya sudah sesuai dengan target awal, yaitu akan finish pada Juli 2020 mendatang.

“Pengerjaan venue Aquatic sudah 80 persen, sedangkan Istora Papua bangkit sudah mencapai 75 persen. Nah, kami harapkan dengan target waktu yang ada, pengerjaan bisa tuntas dua bulan (sebelum pelaksanaan PON) dari kontrak yang ada,” Pungkas Wetipo. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here