Bakal Calon Perseorangan Wally - Hadi menerima hasil pleno penetapan calon perseorangan Pilkada Kabupaten Keerom/ Ist

Jayapura, Topikpapua.com – Pasangan perseorangan Yusuf Wally dan Hadi Susilo resmi mengantongi tiket, untuk mendaftar sebagai pasangan bakal calon Kepala Daerah, pada Pilkada Kabupaten Keerom.

Hal itu sebagaimana hasil pleno terbuka rekapitulasi dukungan perbaikan ke II calon perseorangan di Pilkada Kabupaten Keerom, yang berlangsung, Kamis (20/08/20).

“Jadi dalam pleno kemarin, KPU telah menetapkan Pasangan Wally-Susilo layak dan memenuhi sebagaimana syarat administrasi untuk calon perseorangan,” kata Anggota KPU Kabupaten Keerom, Melianus Gobay kepada Redaksi Topik, Sabtu (22/08/20).

Gobay menjelaskan adapun jumlah dukungan KTP yang berhasil di verifikasi KPU sebanyak 5937 atau telah memenuhi 20 persen dari jumlah DPT Pilkada terakhir Kabupaten Keerom sebanyak 54.876.

“Untuk syarat minimum dukungan calon perseorangan harus 5477 suara, dan setelah kita lakukan verifikasi faktual tahap II,  pasangan Wally-Hadi telah memenuhi jumlah dukungan KTP tersebut,” katanya.

Melyanus Gobay menjelaskan, untuk Pasangan Wally – Hadi ini, pada hasil pleno perbaikan tahap I, hanya memperoleh 5232  dukungan  KTP,  sehingga untuk memenuhi syarat dukungan 5877, pasangan ini harus masuk pada perbaikan tahap II,  dimana sisa dukungan yang belum diperoleh dikalikan dua.

“Artinya 249 sisa KTP yang kurang atau belum diperoleh itu, dikali dua atau sebanyak 490 dukungan KTP,” katanya.

Dan selanjutnya pada perbaikan ke II,  pasangan ini dapat melengkapi kekurangan itu dengan jumlah dukungan 1125 dukungan. Yang selanjutnya jumlab tersebut di lakukan verifikasi vaktual, dimana hasil akhirnya adalah 705 dukungan. 

“Hasil akhirnya pasangan ini telah memenuhi syarat, artinya hasil syarat administrasi tahap I sebanyak 5286 ditambah dengan hasil verfak tahap II sebanyak 705, maka pasangan ini berhak mendapatkan satu tiket untuk pendaftaran pada 4-6 September mendatang,” jelas Gobay.

Sebelumnya, kata Gobay, terdapat dua calon perseorangan yang ikut dalam tahapan persyaratan administrasi, namun salah satunya tidak memenuhi syarat pada penyerahan dukungan tahap pertama. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here