Update C-19 Papua : 12 Pasien Baru, 7 dari Mimika, Total 107 Kasus

0
Infografis Penyebaran Covid-19 di Papua tanggal 19 April 2020/ SC-19P

Jayapura, Topikpapua.com, – Jumlah komulatif pasien positif covid-19 di papua hari ini, Minggu 19 April 2020 tembus angka 107,  Dua belas tambahan kasus baru hari ini di laporkan berasal dari empat kabupaten.

Lewat rilis dari Satgas Covid-19 Papua yang di terima redaksi topik, minggu (19/04/20) di laporkan 12 tambahan kasus baru berasal dari kota Jayapura (2 kasus), Kabupaten Jayapura (2 kasus), Sarmi (1 kasus) dan 7 kasus dari Kabupaten Mimika.

Dari Total 107 pasien positif di Papua, pasien dalam perawatan sebanynak 81 orang, pasien sembuh 19 orang dan 7 orang dinyatakan meninggal dunia.

Dengan tambahan 7 kasus baru, saat ini Kabupaten Mimika menggeser Kota Jayapura sebagai Kabupaten terbanyak pasien positif dengan Total 31 kasus, sedangkan kota Jayapura terdapat 30 Kasus.

Untuk Kabupaten Mimika dari total 31 kasus tersebut, 24 pasien kini dalam perawatan, 4 pasien sembuh dan 3 pasien meninggal dunia, sementara kota Jayapura dari total 30 kasus positif, 20 pasien dalam perawatan, 7 pasien dinyatakan sembuh dan 3 pasien meninggal.

Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 3.507 sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 101, atau tidak ada perubahan dari data kemaren.

“Saat ini data kita menunjukkan pola kenaikan yang sangat tinggi, namun ini jangan dianggap sebagai sesuatu yang buruk, tetapi dengan semakin cepat kita mengetahui pasien yang positif maka semakin cepat pula kita akan mentrace orang yang pernah kontak dengan mereka, “ Jekas Jubir Satgas Covid-19, dr. Silwanus Sumule.

Dengan demikian lanjut Sumule, akan semakin cepat juga pola penanganan yang akan dilakukan terhadap orang yang pernah kontak dengan pasien positif.

“Artinya dengan begitu kita bisa cepat tentukan siapa saja yang ODP atau PDP, bila ketahuan kita bisa cepat berikan pemahaman atau menolong mereka sebelum di sebarkan lagi ke orang lain, “Tambahnya.

Dijelaskan Sumule bila kenaikan yang cukup signifikan ini disebabkan juga oleh faktor makin sadarnya masyarakat untuk memeriksakan dirinya.

“Saat ini kami dapat laporan kalau sudah banyak masyarakat yang datang untuk lapor diri kalau mereka pernah kontak dengan pasien positif, ini artinya masyarakat kita makin sadar, “Jelasnya.

Namun demikian menurut Sumule tetap berharap agar masyarakat lain yang masih acuh tak acuh dengan himbauan pemerintah agar bisa lebih tertib lagi mematuhi protokol yang sudah di sampaiakan pemerintah.

“Sekalilagi saya mau tekankan, bahwa kesadaran masyarakatlah kunci keberhasilan kita memerangi covid di papua, Kalau semua kita ikuti protokol pemerintah saya yakin kita bisa memenangai perang ini, “Tukas Sumule.

Tetap di dalam rumah, kalau terpaksa harus keluar rumah gunakan masker, jauhi kerumunan, jangan kontak dengan orang di luar rumah, jaga kebersihan dan selalu cuci tangan. #kojagasasajagakotongsemuaselamat. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here