Ketua Satgas Tanggap Darurat Banjir dan Longsor Kota Jayapura Rustan Saru saat berbincang dengan korban terdampak musibah /foto ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Ketua Satgas Tanggap Darurat Bencana Banjir dan Longsor Kota Jayapura, Rustan Saru menyebut data terkini Selasa (11/1/2022) malam pukul 23.00 WIT jumlah pengungsi di GOR Trikora Uncen sebanyak 203 jiwa dan 47 kepala keluarga (KK). Jumlah pengungsi di GOR Uncen bertambah 5 orang.

“Kalau di Diklat Sosial Tanah Hitam sebanya 121 jiwa dan 23 KK. Jumlahnya berkurang 4 orang sehingga total warga di penampungan ada 324 jiwa dan 70 KK,” kata Rustan di Jayapura, Selasa malam.

Wakil Wali Kota Jayapura ini juga mengungkapkan proses distribusi bantuan berupa makanan siap saji pada hari Selasa sebanyak 15.211 bungkus untuk tiga posko. Menurutnya, jumlah ini mengalami penurunan dibandingkan pada Senin yang mencapai 16.044 bungkus makanan siap saji

Terkait data warga yang berobat hari Selas di tiga posko yaitu di Posko Organda 64 jiwa, kemudian di Posko Youtefa 136 jiwa dan di Posko Entrop 12 jiwa. Dari total jumlah yang berobat sebanyak 219 jiwa ini, sambung Rustan, jika dibandingkan dengan hari Senin mengalami penurunan sekitar 89 jiwa.

Dalam kesempatan itu, Rustan juga menyampaikan kepada masyarakat di tiga titik lokasi yang terdampak banjir, khususnya Youtefa dan Organda bahwa Rabu sekitar jam 09.00 WIT tenaga medis Satgas Darurat Bencana akan melakukan pusling di kompleks masing-masing untuk memberikan pengobatan.

“Jadi jika ada masyarakat yang memiliki keluhan atau sedang merasa sakit akibat terdampak dari bencana banjir bisa langsung berobat di pelayanan keliling,” bebernya.

Sedangkan untuk layanan call center di hari pertama aktif, di mana tercatat ada 19 penelpon yang meminta bantuan dan sudah ditindaklanjuti sebanyak 12 penelepon atau bantuan.

“Untuk hari ini ada 26 penelpon dan 10 sudah disalurkan kita tindak lanjuti sedangkan yang lain dalam proses. Jadi, mulai pagi hingga malam ini total warga yang meminta bantuan di layanan call center sebanyak 42 penelpon dan 22 sudah kami berikan bantuan tinggal 22 lagi yang masih dalam proses,” beber Rustan.

Selanjutnya sampai Selasa pukul 11.00 WIT, pihaknya telag menerima bantuan dari 17 pemberi bantuan berupa sembako, makanan siap saji, perlengkapan bayi, peralatan dapur, peralatan tidur dan berbagai macam bantuan pokok lainnya .

“Mereka yang membantu ini dari PT Pelindo, Dinsos Provinsi Papua, LKBN ANTARA, Bank BPR PMM, Airnav mahasiswa, Budhayana, Taspen, Telkomsel, Kemensos dan lainnya.
Bantuan tersebut sudah disalurkan ke posko masing-masing,” tandas Rustan. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here