Tragedi Nduga, Komnas Ham dan Warga Bakar 70 Lilin Duka

0
Plt Komnas HAM Perwakilan Papua, Frits Ramandey dan warga kota Jayapura saat membakar 70 lilin untuk para korban di Nduga / Nug

Jayapura, Topikpapua.com, –  Komnas HAM Papua bersama wartawan dan warga kota Jayapura menggelar aksi bakar 70 lilin sebagai bentuk kepedulian terhadap tragedi kemanusiaan yang terjadi di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga.

Aksi Bakar 70 lilin ini di gelar di tama nimbi kota jayapura, Rabu (05/12/18) malam. “ Aksi bakar lilin ini tujuan utama tidak lain ialah mendoakan para korban tragedi itu dan sebagai simbol menolak kekerasan di tanah ini. Di sisi lain untuk mendoakan agar Nduga kondusif,” Pelaksana tugas Kepala Komnas HAM perwakilan Papua, Frits Ramandey.

Frits mengatakan ada 70 lilin yang dibakar. Ke-70 lilin tersebut merupakan tanda 70 tahun memperingati Hari HAM, yang akan jatuh pada 10 Desember mendatang.

“Ini adalah simbol kepedulian kami. Kita tidak melihat siapa yang dibunuh, tapi ini adalah tindakan ketidakmanusiaan yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab,” terangnya.

Dia berharap aksi kekerasan serupa tidak terulang. Apalagi kekerasan yang dilakukan KKB sangat biadab.

“Aksi tersebut sangat terkutuk. Kami menolak keras aksi kekerasan itu dan kami pun meminta agar tidak ada lagi kekerasan di tanah ini,” tegasnya.

Antusiasme warga untuk ikut dalam kegiatan itu sangat terlihat. Masyarakat ikut memberikan doa kepada para korban kekerasan beserta keluarga yang ditinggalkan.

Warga juga memberikan dukungan kepada TNI-Polri dalam melakukan upaya evakuasi korban dan pengejaran terhadap kelompok kriminal bersenjata di Kabupaten Nduga.

Charles, salah satu warga yang turut mengambil bagian dalam aksi, mengungkapkan rasa turut berbelasungkawa atas kejadian tersebut. Dia berharap keluarga korban yang ditinggalkan diberi kekuatan dan ketabahan. Selain itu, dia meminta aparat keamanan segera menangkap para pelaku.

” saya sangat terkejut saat mendengar kabar tersebut, dalam benak saya tak menyangka ada orang yang tega melakukan aksi keji seperti itu, semoga Tuhan mengampuni dosa mereka. Buat aparat keamanan saya doakan agar tetap sehat dan kuat dalam melakukan proses evakuasi dan mengejar para pelaku, “ Ungkap Charles. (Nug)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here