Tolikara Memanas, Seorang Warga Tewas Tertembak, Anggota TNI Terluka dan Pabrik Milo Dibakar

0
Rumah yang di duga sebagai Pabrik Minuman keras lokal (MILO) yang di bakar massa / ist

Karubaga, Topikpapua.com, – Situasi di Kabupaten Tolikara hingga minggu malam ini masih tegang, anggota TNI Polri bersiaga di sejumlah titik untuk mengantisipasi adanya isyu serangan warga.

Awalnya di laporkan seorang pemuda atas nama Yalimen Wandik (27) tewas tertembak aparat. Yalimen sempat di larikan ke Rumah sakit namun nyawanya tak tertolong.

Informasi yang di terima dari Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Cpl Eko Daryanto  menjelaskan bila kericuhan berawal saat beberapa anggota TNI berusaha mengamankan sekelompok pemuda yang mabuk dan sedang merusak sebuah kios di jalan Giling Baru, Karubaga, Sabtu (09/11/19) siang.

” Saat sedang patroli anggota kami melihat adanya aksi pengerusakan yang di lakukan oleh sekelompok pemuda terhadap sebuah kios, saat itu anggota kami ingin mengamankan aksi tersebut, namun malah di serang akibatnya salah satu anggota kami mengalami luka di pelipis sebelah kanan, ” Ungkap Kolonel Eko.

Lanjut Kolonel Eko, Karena terjadi penyerangan terhadap anggota, maka anggota mengeluarkan tembakan peringatan ke udara untuk membubarkan warga yang mabuk, ” korban dan 2 orang temannya melarikan diri turun ke jurang dan arah sungai di Jln Giling Batu kemudian di kejar oleh aparat sambil diberikan tembakan peringatan, ” Lanjut Eko.

Kolonel Eko mengaku, walau telah di berikan tembakan peringatan namun para pelaku pelaku tidak mengindahkan tembakan peringatan dengan terus mengancam dan menyerang aparat dengan menggunakan parang dan batu.

” Karena terancam aparat kembali melepaskan tembakan peringatan agar tidak melarikan diri, namun para pelaku malah menyerang aparat yang akhirnya mengakibatkan korban Yalimen Wandik terkena tembakan, ” Jelas Kolonel Eko.

Korban Yalimen Wandik sempat di larikan ke rumah sakit, namun nyawanya tak tertolong.

Sementara salah satu rekan pelaku atas nama Yakoka Wandik berhasil diamankan di Polres guna diambil keterangan dan pengusutan lebih lanjut.

Pasca tewasnya Yalimen Wandik, situasi di distrik Karubaga mencekam. berdasarkan informasi yang di terima Redaksi Topik dari warga di Karubaga, massa sempat membakar sebuah rumah yang di duga kuat merupakan pablik pembuat minuman keras lokal (MILO).

Massa juga nampak berkumpul di beberapa titik di dalam kota Karubaga. Aparat Kepolisian dan TNI hingga saat ini nampak masih bersiaga di beberapa titik di kota Karubaga untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here