Aksi demo masyarakat Sinak saat menolak pergantian Kapolsek dan Danramil setempat/foto ist

Puncak, Topikpapua.com, – Sekitar 350 warga Sinak, Kabupaten Puncak, Papua, yang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, siswa SD, SMP, SMA dan elemen masyarakat lainnya, melalukan aksi demontrasi besar-besaran di Mapolsek Sinak, Rabu (2/2/2022).

Aksi yang dimulai sekira pukul 11.00 WIT itu, menolak pergantian pejabat Kapolsek Sinak dan Danramil setempat. Demontrasi tersebut juga turut diikuti sejumlah tokoh penting di Sinak.

“Ada Bapak Jas Murib Kepala Klasis Sinak, Philius Tabuni Sekretaris LMA, Bener Kulua selaku tokoh pemuda, Wakil Kepala Suku Edison Murib, Pendeta Kemah injil, Elmus Telenggen dan Jebe Labene dari tokoh Perempuan,” ungkap Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga,.

Kapendam menjelaskan, dalam penyampaian aspirasi besar-besaran itu, massa menegaskan wilayah Sinak sudah cukup aman dan meminta Kapolsek Sinak Ipda Musa Ayakeding untuk tetap melanjutkan masa tugas sebagai Kapolsek Sinak dan menolak adanya pergantian kapolsek baru karena kapolsek yang lama sudah dianggap sebagai keluarga.

“Masyarakat juga meminta Danramil Sinak Kapten Inf Ardavid untuk tetap sebagai Danramil Sinak dan menolak adanya pergantian Danramil yang baru karena juga dianggap keluarga masyarakat Sinak,” jelasnya.

Kegiatan aksi besar-besaran demontrasi oleh masyarakat Sinak tersebut dimulai siang hari dengan diawali adanya penyampaian aspirasi dari Tokoh Pemuda, Bener Kulua.

Tak hanya itu, Edison Murib selaku Wakil Kepala Suku dengan suara lantang pun bersemangat menyampaikan aspirasinya mewakili masyarakat Sinak, bahwa masyarakat ingin mempertahankan Danramil dan Kapolres Sinak karena telah dianggap menjadi saudara di wilayahnya.

“Kita adalah keluarga besar, kita masyarakat dan TNI Polri sudah menyatu, setiap hari dan setiap kegiatan khususnya untuk membangun Sinak ini,” ucap Edison Murib.

Merespon aspirasi dari para tokoh dan masyarakat dalam aksi demontrasi iru, Dandim Puncak Letkol Inf Deni Salurerung, menyampaikan aspirasi tersebut akan ditindaklanjuti kepada pimpinan.

“Tuntutan para tokoh dan masyarakat agar Koramil dan Polsek Sinak tetap dipertahankan akan saya laporkan kepada pimpinan, apalagi dengan aksi besar-besaran seperti ini,” jelas dandim.

Sementara Danramil Sinak Kapten Inf Ardavid menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan masyarakat selama melaksanakan tugasnya.

“Saya akan pegang teguh tuntutan dari para tokoh dan masyarakat Sinak. Terima kasih atas kepercayaannya untuk bersama-sama menciptakan kedamaian dan mensejahterahkan masyarakat Sinak,” kata Ardavid

Di tempat yang sama Kapolsek Sinak Ipda Musa Ayakeding, menyampaikan bahwa aspirasi masyarakat akan disampaikan kepada pimpinannya.

“Saya siap untuk tetap melaksanakan tugas sebagai kapolsek wilayah Sinak sesuai arahan pimpinan nantinya,”tandasnya.

Usai menyampaikan aspirasi dengan tertib, massa pun bubar dan kembali ke tempatnya masing-masing. Hingga berita ini diturunkan situasi wilayah Sinak masih kondusif dan masyarakat beraktivitas dengan normal. (Redaksi Topik)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here