TMMD Bangun 10 Rumah di Kampung Makmakerbo, Pemda Biak Numfor Siapkan 1,5 Milyar

0
Damdim 1708 Kabupaten Biak Numfor Letkol Inf Ricardo Siregar bersama Plt Bupati Kabupaten Biak Numfor Herry Ario Naap / istimewa

Biak, Topikpapua.com, – Sebanyak 10 rumah tipe 45 siap di bangun anggota TNI dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kampung Makmakerbo, Distrik Oridek, Kabupaten Biak Numfor. Untuk mewujudkan hal tersebut Pemda Kabupaten Biak Numfor menyiapkan dana sebesar 1,5 Milyar Rupiah.

Hal tersebut terungkap dalam acara Upacara Pembukaan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 di wilayah Kodim 1708 Biak Numfor Tahun Anggaran 2019 yang di gelar pada hari selasa, 26 februari 2019 di Kampung Makmakerbo Distrik Oridek Kabupaten Biak Numfor.

Upacara pembukaan Program TMMD di pimpin langsung oleh Plt Bupati Kabupaten Biak Numfor Herry Ario Naap  dan diikuti oleh Unsur Tni-Polri,  unsur Forkopimda, Pimpinan Bumn/Bumd di Kabupaten Biak Numfor, Selasa (26/02/2019).

“Kami memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Dandim 1708 dan seluruh jajaran serta seluruh pimpinan TNI yang siap membantu kami membangun di kampung-kampung dengan program TMMD ini, “ Ungkap Bupati Herry usai peletakan batu pertama di lokasi TMMD.

Herry juga menginstruksikan kepada Kepala distrik dan seluruh aparat yang ada di Distrik oridek dan seluruh masyarakat di kampung Makmakerbo untuk selama pelaksanaan TMMD nanti wajib untuk mendampingi dan mengawal seluruh prose sehingga berakhir dengan lancar dan baik.

“Kepada masyarakat saya menghimbau dan mengingatkan untuk pelaksanaan TMMD selama 30 hari ini harus memberikan dukungan secara gotong royong, bersama-sama baik aparat kampung dan TNI agar kegiatan ini berlangsung dengan baik, jadi semua harus mendukung dan mengambil bagian untuk mensukseskan kegiatan ini,” ujar Herry. 

Sementara itu Damdim 1708 Kabupaten Biak Numfor Letkol Inf Ricardo Siregar S.H.M.Tr.(HAN) berharap apa yang dilakukan di TMMD ke 104 ini benar-benar bermanfaat bagi masyarakat karena perumahan ini adalah sasaran yang dibutuhkan oleh masyarakat dan diharapakan kemanunggalan antara TNI dan rakyat bisa terwujud dari program ini.

“Personil yang turun sebanyak 150 orang satgas TMMD, itu dari berbagai komponen yakni dari Kodim, Kepolisian, TNI AU, TNI AL dan juga masyarakat, rumah yang akan di bangun sebanyak 10 rumah tipe 45 dengan dana yang dikeluarkan oleh Pemda sebesar 1,5 Miliar Rupiah,” jelas Dandim.

Ia menambahkan selain sasaran fisik perumahan ada juga sasaran non fisik dari program TMMD ini yaitu akan bekerjasama dengan dinas terkait untuk melaksanakan penyuluhan seperti pertanian, hukum, kesehatan dan sebagainya.

“Selain itu juga, masyarakat di sini membutuhkan air bersih, nanti kami akan berkoordinasi dengan instansi terkait sehingga pada saat rumah terbangun airnya juga sudah tersedia,” Pungkas Dandim. (RN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here