Kebakaran yang menimpa tiga rumah di depan Koramil Japut/foto ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Sebanyak tiga unit rumah di depan Koramil Jayapura Utara tepatnya di Jl. Diponegoro No. 57 Kelurahan Gurabesi Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua, ludes terbakar pada Selasa (2/11/2021).

Kebakaran itu terjadi diduga akibat arus pendek atau korsleting,

Kasat Binmas Polresta Jayapura Kota AKP Piter Kendek, selaku pawas langsung memimpin personel laturun ke tempat kejadian (TKP) usai menerima laporan dari masyarakat.

Sebanyak dua mobil AWC milik Polri dan empat unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk memadamkan api yang dengan cepat membesar. Api baru berhasil dipadamkan sekira dua jam setelah dibantu masyarakat setempat, aparat kepolisian dan petugas dari Pemadam Kebakaran Kota Jayapura.

Kapolresta Jayapura Kota Kombes Polisi Gustav R. Urbinas melalui Kasat Reskrim AKP Handry M. Bawiling, membenadkan, kasus kebakaran yang terjadi itu, kini dalam penanganan Satuan Reserse Kriminal Polresta Jayapura Kota.

“Ada 3 unit rumah yang terbakar yakni milik Muchtar (56), Tumiran (59) dan H. Acang, dimana dari ketiga rumah tersebut dua unit rumah masing-masing memiliki kamar kost dengan jumlah 19 kamar, ” kata Handry.

Dadi keterangan saksi Yoga (27), bahwa saat itu ia terbangun dari tidur karena merasakan panas di dalam kamar kost yang terletak di lantai 3. Selanjutnya saksi hendak menuju ke kamar mandi untuk mandi, namun saat itu ia mencium aroma kabel terbaka. Kemudian saksj melihat di kamar kost sebelahnya yaitu di lantai 3 terdapat kobaran api yang sudah merambat dari jendela kamar kost tersebut.

” Saat mengetahui kejadian itu (kebakaran) saksi Yoga langsung menyelamatkan barang / dokumen penting miliknya. Kemudian saksi langsung pergi meninggalkan lantai 3 kamar kost miliknya dan menyampaikan kejadian tersebut kepada rekannya yang langsung melaporkan kejadian tersebut melalui Radio HT kepada piket penjagaan Polresta Jayapura Kota,” ucap Handry, tak lama kemudian mobil pemadam kebakaran Pemkot Jayapura dan AWC milik Polresta dan Polda Papua tiba di TKP untuk memadamkan api.

Lebih jelas pihaknya menduga, kebakaran yang terjadi itu lantaran korsleting arus pendek listrik di salah satu kamar kos di lantai 3. Dari korsleting tersebut menimbulkan percikan api dan merambat dengan cepat ke seluruh kamar kos serta kamar dan rumah lainnya, karena struktur bangunan kos tersebut terbuat dari bahan kayu dan tripleks yang mudah terbakar.

“Dari kejadian kebakaran tersebut tidak terdapat korban jiwa namun kerugian materil diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Kasus ini sedang ditangani oleh Unit Identifikasi Sat Reskrim Polresta Jayapura Kota guna mengetahui penyebab utama kebakaran,” pungkas Handry. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here